Webinar parenting: Menjalin Komunikasi Efektif antara Orang tua dan Anak

  • Home
  • News
  • Webinar parenting: Menjalin Komunikasi Efektif antara Orang tua dan Anak

Webinar parenting: Menjalin Komunikasi Efektif antara Orang tua dan Anak

  • Humas NFBS Bogor
  • 10 February 2023
Webinar parenting: Menjalin Komunikasi Efektif antara Orang tua dan Anak

NFBS Bogor (10/02/2023) Menurut William Glasser dalam buku "Choice Theory", masalah utama manusia dikaitkan dengan hubungan yang buruk. Oleh karena itu, agar hubungan antara orang tua dan anak menjadi baik, orang tua harus memiliki keterampilan berkomunikasi efektif dengan anak-anak mereka. Salah satu cara komunikasi yang efektif adalah dengan menggunakan prinsip coaching, yaitu kemitraan, proses kreatif, dan memaksimalkan potensi.


Komite Sekolah, SMAIT NFBS Bogor, dan MCC (Moslem Coach Community) bekerja sama untuk menyelenggarakan sebuah webinar parenting dengan topik "Menjalin Komunikasi Efektif antara Orang Tua dan Anak". Pada Sabtu, 4 Februari 2023, webinar ini berlangsung secara online melalui platform Zoom Meeting dan diikuti oleh lebih dari 90 peserta dan 20 coach berpengalaman dalam bidang coaching remaja, orangtua, dan pendidik.

Kepala Sekolah SMA IT NFBS Bogor, Ustadz Lukman Fajar Purwoko, MT, dalam sambutannya mengatakan bahwa biasanya webinar hanya memiliki satu pembicara, namun hari ini dihadiri oleh 20 orang hebat. "Masya Allah, betapa beruntungnya acara spesial ini. Alhamdulillah, ini sudah tahun ketiga kolaborasi dengan MCC (Moslem Coach Community)," ujarnya.

Ustadz Lukman menjelaskan bahwa gaya orang tua menasehati dan berkomunikasi dulu tidak tentu berhasil saat ini karena zaman sudah berbeda dan informasi yang masuk pada anak-anak juga berbeda.

 

Agenda webinar parenting yang dilaksanakan oleh Komite Sekolah SMA IT NFBS Bogor bersama  dan MCC (Moslem Coach Community) tidak hanya berupa webinar dan tanya jawab saja. Agenda dilanjutkan dengan coaching kelompok sebanyak 20 kelompok.

Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang tua dan satu orang coach. Coach di setiap kelompok memandu dan mempraktekkan cara berkomunikasi yang efektif dengan menggunakan teknik coaching. Kemudian, berlangsung simulasi coaching yang dilakukan bergantian oleh setiap orangtua. 


Ketua Komite SMAIT NFBS Bogor, Dr. Irna Yunaeni, M.Kes, menyatakan harapannya bahwa acara ini dapat memperbaiki komunikasi antara orang tua dan anak-anak. Seperti yang dibahas oleh Ustadz Lukman tadi, komunikasi yang baik sangat penting bagi orang tua saat ini. Oleh karena itu, selain mengadakan seminar parenting, kami juga menyediakan sesi coaching kelompok yang akan dipandu oleh 20 coach profesional dari MCC (Moslem Coach Community). Tujuannya adalah untuk membantu orang tua mengembangkan potensi mereka dalam membimbing anak-anak. Selama sesi ini, orang tua juga dapat berbagi, berdiskusi, dan menemukan solusi untuk masalah yang mereka hadapi. Kepala sekolah juga mengucapkan terima kasih kepada komunitas dan panitia sekolah yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan acara ini. Semoga ini menjadi amal jariyah. (Rahmi)