SMAIT Nurul Fikri Boarding School Bogor sukses gelar acara NUCLEARS 2022 dengan meriah

  • Home
  • News
  • SMAIT Nurul Fikri Boarding School Bogor sukses gelar acara NUCLEARS 2022 dengan meriah

SMAIT Nurul Fikri Boarding School Bogor sukses gelar acara NUCLEARS 2022 dengan meriah

  • Humas NFBS Bogor
  • 05 April 2022
SMAIT Nurul Fikri Boarding School Bogor sukses gelar acara NUCLEARS 2022 dengan meriah

NUCLEARS (Nurul Fikri Competition of Language, Academic, Art, and Sport)

Bogor (5/4) - NUCLEARS merupakan singkatan Nurul Fikri Competition of Language, Academic, Art, and Sport adalah kegiatan kompetisi, edukasi, darmabakti, dan publikasi dalam berbagai ragam ilmu untuk tingkat SMP dan SMA sederajat. Acara ini disambut baik oleh dinas pendidikan, Camat Tamansari Bogor, serta Gubernur Jawa Barat yaitu bapak Ridwan Kamil turut memberikan sambutan dalam rangkaian acara tersebut. Tidak hanya sambutan, bapak Gubernur juga mensupport kegiatan Nuclears 2022 ini dengan memberikan sebuah piala bergilir. Acara ini juga semakin meriah karena berhadiah total puluhan juta rupiah yang disupport oleh PT. Solusi Andalan Kreasi Teknologi Indonesia, PT. Asli Rancangan Indonesia, Mandiri Taspen, Cheese Chicken, Bahana UI, Klinik Imani Pratama Bogor, Garage Antik, BJBS, PT. Bintang Jaya Santika dan Wardah. Kemudian acara Nuclears 2022 ini juga mendapat apresiasi dari Direktur utama Nurul Fikri Bina Generasi yaitu ustadz Rahmat Saripudin Syehani, M.Pd dalam sambutanya mengatakan ”Acara ini menunjukkan bahwa kita semua bekerja dengan keras dan cerdas, sponsornya maupun media partnernya masya Allah banyak, terima kasih banyak untuk semua partisipan yang berpartisipasi” imbuhnya.


Nuclears 2022 ini mengangkat tema Ocean dengan memberikan perhatian terhadap kondisi ekosistem laut saat ini. NUCLEARS 2022 juga berkomitmen untuk menyalurkan 10% dari pendapatan NUCLEARS kepada komunitas EPI dan Biorock yang fokus kepada keseimbangan laut. Sebelum acara NUCLEARS 2022 resmi dibuka, agenda pra Nuclears pada tanggal 20 Maret 2022 dimulai dengan webinar berjudul “Save the Sea to See the Future” dan penggalangan donasi yang akan dibagikan untuk masyarakat sekitar melalui NF Peduli. Kegiatan Nuclears semakin meriah dengan sambutan yang disampaikan oleh Ahmad Idam Argani selaku ketua pelaksana Nuclears 2022 “Di pagi yang cerah dan penuh kebahagiaan ini, saya ingin mengucapkan selamat dan semangat kepada seluruh peserta lomba NUCLEARS 2022, semoga semuanya dapat mengerahkan yang terbaik, karena tujuan kami mengadakan acara ini adalah agar pelajar Indonesia dapat mengembangkan bakat dan dapat berkarya sejak dini, dan juga, sesuai dengan tagline kami yaitu "Dive Into the World of Dreams" kami harap, NUCLEARS 2022 dapat menjadi ajang bagi kita semua untuk memulai langkah dalam meraih mimpi kita masing-masing” terangnya. 


Alhamdulillah pelaksanaan Nuclears 2022 berjalan lancar yang diikuti oleh 470 peserta dari kurang lebih 100 sekolah yang terlibat dengan total hadiah yang telah dibagikan sejumlah Rp 58.400.000,00. Kegiatan daring dimulai tanggal 21-25 Maret 2022 terdiri dari sebelas lomba online diantaranya  science project, english essay, fotografi, olimpiade, poster, pramuka, Ratoh Jaroe, speech, story telling, kaligrafi, dan MHQ. Serta tidak tanggung-tanggung lomba science project ini mendatangkan juri dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Sebelum memasuki babak final lomba science project, pada tanggal 24 Maret 2022, Nuclears juga mengadakan talkshow tips penulisan karya tulis ilmiah bersama BRIN dengan bintang tamu Dr.Anggoro dari BRIN dan Kak Novia dari Science Hunter Indonesia. Penulisan karya tulis ilmiah ini cukup menantang dilaksanakan oleh siswa SMP maupun SMA namun ternyata mendapat support yang positif dari bapak Dr. Sukma Surya Kusumah selaku juri dari BRIN “Saya mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf belum optimal dalam penjurian, banyak talenta muda berpotensi di acara ilmiah kemarin, semoga nanti bisa masuk ke dalam list peserta LKIR tingkat Nasional, Insha Allah silaturrahim tetap dijaga dan saya terbuka jika diminta bantuan kedepannya terkait dengan LKIR atau penulisan KTI. Sukses terus untuk SMAIT Nurul Fikri Boarding School Bogor” jelasnya.


Kemudian pada tanggal 28 Maret hingga 1 April 2022 dilanjutkan dengan  kegiatan Luring yang terdiri dari lomba futsal dan basket di lapangan indoor Nurul Fikri Boarding School Bogor. Pembukaan lomba Nuclears secara Luring juga semakin meriah dengan sepatah kata sambutan dari Muhammad Rohib Nasroh selaku ketua organisasi Sport, “Harapan kami dengan diadakannya Nuclears ini dapat mengasah skill organisasi dari panitia, meningkatkan jiwa berkompetisi serta sebagai ajang silahturrahim kami dengan para peserta dari berbagai sekolah. Pesan yang ingin saya sampaikan pada pembukaan ini ialah tetap bermain dengan sportif dan selamat berkompetisi.” pungkasnya.

Sesuai harapan ketua sport lomba futsal dan basket tersebut berjalan sengit dan sportif yang dimenangkan oleh beberapa sekolah unggul diantaranya, Futsal tingakat SMP: Juara 1 “SMP N 3 Ciawi”; Juara 2 “SMP Al Waafi Islamic Boarding School”; Juara 3 “SMPIT Darul Quran Mulia”. Futsal tingkat SMA: Juara 1 “SMA N 1 Tamansari”, Juara 2 “SMAIT Asy Syifa Boarding School Jalan Cagak” dan Juara 3 “SMA Daarut Tauhid” Basket tingkat SMP: Juara 1 “MTsS MILBOS”; Juara 2 “SMP Asy Syifa Boarding School Wanareja”; Juara 3 “SMP Al Waafi Islamic Boarding School”. Basket tingkat SMA: Juara 1  “SMA PU Al – Bayan”; Juara 2 “SMA Taruna Terpadu 1 Tim A”; Juara 3 “SMAIT Al-Kahfi”.


Sedangkan piala gubernur pada tahun ini berhasil diboyong oleh SMPIT Nurul Fikri Boarding School Bogor sebagai peraih juara terbanyak di berbagai mata lomba. Segenap panitia yang bertugas mengucapkan selamat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para peserta yang luar biasa, guru-guru pembina, sponsorship, serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Sampai jumpa di NUCLEARS 2023! (Rahmi)