Career Preparation for The Bright Future

  • Home
  • News
  • Career Preparation for The Bright Future

Career Preparation for The Bright Future

  • Humas NFBS Bogor
  • 04 February 2023
Career Preparation for The Bright Future

NFBS Bogor (04/02/2023) Mengusung tagline “Educating the Future Islamic Leaders” Nurul Fikri Boarding School bercita-cita untuk mencetak para lulusannya agar bisa menjadi pemimpin-pemimpin Islam di masa depan yang relevan dengan kebutuhan zaman. Individu yang bisa menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri dan juga untuk masyarakat luas melalui kemanfaatan yang akan diberikan pada masyarakat, baik melalui pengetahuan, karir maupun kemampuan lain yang ia punya.



 

Program career and leadership hadir untuk membantu mewujudkan cita-cita tersebut melalui program-program yang diberikan. Harapannya dengan adanya program tersebut siswa dapat mengembangkan potensi kepemimpinan dan juga dapat menyiapkan karirnya sedini mungkin.

 

Menurut Healy (1982), tahapan pengembangan karir meliputi tahap sebelum bekerja (pre-occupational), selama bekerja (occupational), dan setelah bekerja (post-occupational). Siswa SMA Nurul Fikri Boarding School saat ini berada pada tahapan pre-occupational, yaitu tahapan penting dimana mereka mulai membangun karir masa depan. Tahap ini ditandai dengan eksplorasi diri dan bidang pekerjaan, orientasi karir, serta pengambilan keputusan karir, seperti memilih jurusan dan memulai karir. Kesadaran dan pemilihan yang tepat pada tahap ini akan mempengaruhi tahap-tahap selanjutnya dalam pengembangan karir.

 

Persiapan karir bagi siswa SMA bisa dimulai dengan organisasi, aktivitas kepanitiaan, dan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Namun, ternyata masih ada siswa yang belum pasti akan cita-cita, minat, dan kemampuannya. Hasil asesmen karir pada kelas 10 SMA di Nurul Fikri menunjukkan bahwa banyak siswa masih merasa tidak yakin tujuannya tercapai, bingung menentukan masa depan, belum mengenal potensi diri, dan belum memiliki cita-cita. Tim Career & Leadership Nurul Fikri berusaha membantu dengan mengadakan seminar karir pada 10 Desember 2022. Seminar ini diharapkan dapat membantu siswa mengetahui langkah-langkah untuk mempersiapkan karir mereka dan memperjelas cita-cita mereka.

 

"Seminar Karir untuk Anak Remaja" yang dilakukan oleh tim Career & Leadership ini berupa mini seminar bagi remaja mengenai bagaimana menentukan karir dan langkah-langkah untuk mencapai karir impian. Acara ini dilaksanakan secara offline di sekolah Nurul Fikri Boarding School Bogor dan diikuti oleh 120 siswa kelas 10 dan 11.

 

Alhamdulillah, acara berlangsung dengan lancar dan antusias. Peserta seminar mulai membicarakan karir yang ingin dituju. Ada yang masih ragu-ragu dan generik, namun ada juga yang sudah menjelaskan karir yang akan dituju secara detail, seperti ingin menjadi dokter spesialis kardiotoraks. Melalui materi "Career Preparation for The Bright Future”, diharapkan para peserta didik dapat mempersiapkan dan memahami langkah-langkah yang perlu diambil dalam hal karir. (Fachnaz)