Tahun Baru Hijriyah merupakan salah satu dari sekian Hari Besar Umat Islam, khususnya di Indonesia. Penanggalan tahun hijriyah di tetapkan oleh Khalifah Umar Bin Khattab saat Nabi Muhammad SAW sersama sebagian kaum muslim (muhajirin) hijrah dari Makkah menuju Madinah.

Memperingati tahun baru Hijriyah (Muharam), merupakan salah satu momentum untuk mengingatkan kita bahwa tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin. Di zaman era modern (globalisasi) ini, perkembangan teknologi berkembang pesat, sehingga dapat menyebabkan penurunan nilai-nilai spiritualisme pada generasi muda islami. Penanaman makna hijrah pada anak didik adalah dengan mengenangnya kembali melalui peringatan 1 Muharam yang diisi dengan berbagai kegiatan bernuansa Islami. Kegiatan ini mengarah pada “fastabiqul khoirot” sebagai pencerminan dari sifat hijrah itu sendiri yang selalu ingin menggapai nilai kebaikan-kebaikan baik di dunia hingga di akhirat.

Nurul Fikri Boarding School Bogor menyelenggarakan Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H, dengan tema: “Nikmatnya Muharram Teguhkan Jiwa, Bersinergi Membina Generasi Islami di Tengah Pandemi”.

Kegiatan tersebut dikemas dalam dua rangkaian agenda, yakni perlombaan islami (Cerdas Cermat Islami, Poster, Twibbonz serta Kuis Muharram 1443 H dan tausiyah Akbar 1 Muharram 1443 H yang disampaikan oleh Al-Ustadz Ardhan Misa Tonadisiki Lc, beliau seorang Mudir di Akademi Qur’an Depok. Peserta perlombaan merupakan seluruh santri Nurul Fikri Boarding School Bogor, sedangkan untuk peserta tausyiah meliputi santri, dewan guru, karyawan dan masyarakat secara umum yang diselenggarakan secara virtual.

Manfaat dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi sarana menanamkan nilai-nilai semangat perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan agama Islam, Mempererat tali silaturahmi, Memupuk semangat berprestasi dan mengembangkan bakat peserta didik, Menyiapkan generasi berwawasan luas menghadapi dunia yang kompetitif dan Media untuk introspeksi diri (muhasabah), menjadi pribadi yang lebih baik.