Minggu, 23 November 2019. Berinteraksi dengan masyarakat dan mencoba berkontribusi adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh para pelajar di zaman sekarang ini. Karena itulah Nurul Fikri Boarding School Bogor yang merupakan sekolah dengan visi mencetak generasi pemimpin masa depan mendorong para santrinya untuk melakukan program pengabdian kepada masyarakat sekitar.

Santri tholib dan tholibah Nurul Fikri Boarding School Bogor melakukan program pengabdian kepada masyarakat di sekitar Nurul Fikri sepanjang bulan November 2019 dalam program Voluntary Hours. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan oleh seluruh santri Nurul Fikri. Tahun 2019 ini kegiatan dilaksanakan di 30 titik yang tersebar di kecamatan Tamansari, Bogor.

“Voluntary Hours adalah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa syukur dan kepedulian santri terhadap masyarakat di lingkungan sekitarnya dengan merancang kegiatan bersama kelompok masing-masing. Selain itu, melalui kegiatan ini para santri juga diasah skill kepemimpinannya melalui kerja sama, melakukan perencanaan program, dan evaluasi program yang telah dilaksanakan oleh kelompok masing-masing,” kata kepala Sub Unit Kajian Islam NFBS Bogor, Marlina.

Setiap kelompok pelaksana dibimbing oleh seorang Pembina BPI yang membimbing dan menilai santri dalam pelaksanaan kegiatan. Para santri pun begitu kreatif mengemas berbagai kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dasar, TK, PAUD, taman pendidikan Al-Qur’an, dan masjid. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain berupa lomba mewarnai, games, belajar memasak, menghias TK/PAUD, melatih ekskul pramuka, dan kerja bakti membersihkan masjid.

“Bagus, seru, dan melatih aku untuk lebih peduli. Aku berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dan waktu kegiatannya bisa seharian penuh di kesempatan selanjutnya agar kita bisa lebih dekat juga dengan masyarakat yang dikunjungi.” Begitu kesan dari Salmah, santri kelas IX SMPIT NFBS Bogor mengenai kegiatan ini.

Leave a Reply