fbpx

FINALIS ESAI OHARA 2017 : MENUMBUHKAN JIWA KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

By October 28, 2017Uncategorized

Berikut adalah tulisan dari ananda Maulana Jibril Al Farobby Al Hady, siswa SMA yang berhasil lolos menjadi finalis lomba OHARA Smart Ekselensia 2017
———————————————-

Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Permainan Tradisional

Oleh: Maulana Jibril Al Farobby Hady
Nurul Fikri Boarding School, Bogor

Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya dan salah satunya adalah permainan tradisional yang kaya akan keragamannya dan manfaatnya. Namun permainan- permainan tradisional kini mulai dilupakan khususnya anak Indonesia yang lebih tertarik dengan permainan yang berbau teknologi. Padahal permainan tradisional bisa membawa dampak positif bagi anak.

Permainan tradisional yang kita banggakan mulai kita lupakan seiring dengan perkembangan zaman yang terus menuntut kita menggunakan teknologi. Persoalan ini sudah lama menjadi permasalahan khususnya untuk anak. Apabila kita membiarkan ini terus tejadi maka akan hancur generasi Indonesia di zaman sekarang. Lambat laun permainan tradisional hanya akan dikenal sebagai permainan kuno yang kurang menyenangkan di mata siswa dan kurangnya edukasi menyebabkan siswa tidak mengenal permainan tradisional. Kita masih membutuhkan permainan tradisional Indonesia karena pemainan ini dapat menumbuhkan rasa kemimpinan yang sangat penting untuk siswa dalam kehidupan sehari hari.

Permainan tradisional dapat menumbuhkan rasa kepemimpinan. Pada saat kita bermain, melalui permainan tersebut ternyata dapat melatih kerjasama, strategi yang bisa membantu untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Tanpa adanya jiwa kepemimpinan di masa sekarang akan berdampak negatif karakter seseorang. Bagi siswa yang tidak mempunyai sifat kepemimpinan, ia bisa tertinggal oleh peradaban yang terus meneru menuntut kita menjadi pemimpin. Dengan adanya permainan tradisional siswa akan mempunya jiwa kepemimpinan berikut adalah permainan yang bisa menumbuhkan jiwa kepemmpinan.
Bentengan

Bentengan adalah permainan tradisional Indonesia yang mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Permainan ini bisa melatih kita dalam bersosialisasi, berstrategi, berkerjasama, berkomunikasi, dan hal-hal positif lainnya yang bisa menumbuhkan sifat kepemimpinan.disaat bermain. Tanpa disadari saat kita bermain, kita akan berkomunikasi untuk menyambungkan pikiran kita dengan teman yang akan membuat kerja sama dalam tim dan hal itu bisa berdampak positif untuk siswa dan menumbuhkan sikap pemimpin. Tetapi permainan ini mulai dilupakan oleh siswa dan kurangnya edukasi tentang permainan Bentengan. Pemerintah harus bertindak untuk memasukan permainan Bentengan kedalam kurikulum sekolah melalui kegiatan khusus untuk menjadikan generasi muda Indonesia sebagai generasi pemimpin yang bisa mengubah dunia. Kita masih butuh permainan Bentengan yang berpotensi untuk menumbukan jiwa pemimpin bagi pemainnya.

Galasin

Galasin adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang dapat melatih jiwa kepemimpinan siswa. Galasin atau Cakbur memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecerdasan emosional anak. Dalam permainan ini, anak-anak akan berlatih menjadi seorang pemimpin yang memberi pengaruh pada anggota-anggotanya. Instruksi yang diberikan adalah strategi yang dibuat untuk membawa sebuah tim pada kemenangan. Pola kerjasama juga dilatih dalam permainan ini. Bila kerjasama antara komando dan anggota tidak terjalin baik, maka kemenangan akan sulit diraih1. Dahulu permainan Galasin sangat populer di zaman 19an dan sering dimainkan dalam sehari hari.

Tetapi berbeda dengan zaman sekarang, yang lebih terpusat pada teknologi. Karena saat ini adalah zaman teknologi yang terus menuntut kita mengunakan teknologi dan anak zaman sekarang lebih memilih mempermainkan permainan yang mengunakan teknologi. Namun sayangnya, hal tersebut dibiarkan oleh sekolah dan orang tua yang kebanyakan beranggapan bahwa permainan berbasis teknologi lebih baik dan sesuai dengan zaman. Satu hal yang tak dimiliki oleh permainan berbasis teknologi adalah hal tersebut tidak mampu melatih kepribadian anak yang positif seperti yang diajarkan dalam permainan tradisional Indonesia. Dampaknya negatif dari hal ini adalah perlahan lahan permainan tradisional seperti Galasin mulai memudar dan tentunya hal ini sangat berbahaya. Maka, perlu adanya edukasi dari orang tua maupun sekolah untuk mempertahankan permainan tradisional melalui program sekolah yang akan membantu menjadikan generasi Indonesia yang hebat.

Terompa

Terompa Panjang juga merukan salah satu permainan tradisional Indonesia yang bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak. Permainan ini merupakan permainan yang mengunggulkan kerjasama tim, Terompa Panjang adalah permainan yang menggunakan sandal kayu yang sengaja dibuat memanjang. Terompa atau sandal panjang tersebut bisa digunakan oleh 5-10 orang anak sekaligus. Terompa baru bisa dijalankan apabila semua anak yang menggunakannya serentak melangkahkan kakinya bersamaan2. Permainan ini dapat melatih kekompakan, karena saat permainan berlangsung terdapat komando yang menentukan jalannya.permainan ini. Permainan ini mengajarkan tentang kerjasama dalam bermain, cara menerima intruksi dan kekompakan. Hal tersebut dapat melatih kita menjadi pemimpin yang bisa memberi dan menerima intruksi secara baik dan juga dapat berkerja dalam tim. Namun sayangnya, saat ini permainan tersebut hanya bisa kita jumpai saat hari kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, sekolah bisa menggunakan Terompa Panjang sebagai alat untuk melatih kepemimpinan siswa dan kekompak siswa

Permainan tradisonal sangat penting untuk siswa ataupun anak diseluruh dunia. Karena permainan tradisional, khususnya di Indonesia, memiliki potensi besar untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan siswa yang sangat berguna untuk saat ini dan yang akan datang, dan tentunya untuk mencetak generasi hebat yang berjiwa pemimpin. Semua orang wajib berjibaku dalam hal ini khususnya sekolah, orang tua, dan juga masyarakat. Salah satunya dengan cara menambahkan permainan tradisional Indonesia ke dalam kurikulum sekolah, karena hal yang kita buat sekarang bisa akan sangat berarti bagi masa depan.

[1] Permainan Tradisional Anak Indonesia dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak. Diakses: dari versi daring: http://informasitips.com/permainan-tradisional-anak-indonesia-dan-manfaatnya-bagi-tumbuh-kembang-anak pada 3 Oktober 2017. (hal. 3)

[2] Permainan Tradisional Anak Indonesia dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak. Diakses: dari versi daring: http://informasitips.com/permainan-tradisional-anak-indonesia-dan-manfaatnya-bagi-tumbuh-kembang-anak pada 3 Oktober 2017. (hal. 3)

DAFTAR PUSTAKA

Permainan Tradisional Anak Indonesia dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak. Diakses dari versi daring: http://informasitips.com/permainan-tradisional-anak- indonesia-dan-manfaatnya-bagi-tumbuh-kembang-anak pada 3 Oktober 2017.

 

Sumber:

http://ohara.smartekselensia.net/menumbuhkan-jiwa-kepemimpinan-siswa-melalui-permainan-tradisional/ (lfp)

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.