ISLAMIC STUDIES AND DORMITORY PROGRAMS

Tahsin Tahfidz dan Tafhim

Memiliki anak yang memiliki kebiasaan membaca Al Qur’an merupakan impian bagi orang tua. Alhamdulillah di NFBS Bogor dilaksanakan pembiasaan di dalam membaca Al Qur’an, dengan perbaikan bacaaan sebelumnya. Bagi santri yang ingin menambah hafalan lebih dari target yang ditentukan, yaitu sejumlah 3 juz selama 3 tahun, maka bisa mengikuti program takhosus Qur’an. Pemahaman tentang apa yang dihafalkan juga menjadi bagian dari menambah kecintaan terhadap Al Qur’an.

Bina Pribadi Islam

Menjadi pribadi yang sholeh dan muslih merupakan impian bagi setiap muslim. Dengan menjadikan diri kita sholeh dan kemudian mensholehkan orang lain, maka akan didapatkan amal yang tiada terputus karena ilmu yang bermanfaat. Program Bina Pribadi Islami (BPI) menjadi program andalan kepesantenan untuk membangun pribadi muslim dan dai. Dengan adanya interaksi rutin dan dekat, diharapkan anak-anak memiliki aqidah yang kokoh, wawasan tentang Islam yang luas.

Kajian pokok-pokok ajaran Islam

Kajian pokok-pokok ajaran Islam dibutuhkan untuk membangun pemahaman yang baik dan benar terhadap Islam. Dengan adanya pemahaman yang benar berdasarkan Qur’an dan Sunnah, diharapkan akan muncul kecintaan terhadap Islam dan ajarannya, serta semangat untuk menyebarluaskannya. Dalam program ini anak-anak akan mendapatkan kajian kitab diantaranya adalah Minhajul Muslim bab Akhlak, Minhajul Muslim bab Fiqh, Aqidah Thohawiyah, Arbain An Nawawiyah, Tafsir Qur’an Al Muyassar, Risalatut Ta’lim dan Shiroh Nurul Yaqin.

Dormitory Programs

Kegiatan keseharian merupakan kegiatan pokok yang seringkali terlupakan, padahal lewat program pembiasaan keseharian inilah akan dibentuk seorang pribadi yang memiliki kemandiriankepedulian dan karakter bersih rapi. Aspek Mandiri terdiri dari Mandiri Psikologi dan Mandiri Perilaku. Sedangkan sikap kepedulian yang dibangun akan menumbuhkan sikap peduli pribadi dan peduli sosial. Aspek karakter Bersih Rapi yang dibangun diharapkan dapat menumbuhkan sikap Bersih Rapi Diri dan sikap Bersih Rapi Lingkungan.