Membangun Budaya Literasi dengan Reading Time

By November 18, 2017Uncategorized

Oleh: Aisha Nabila Fahsa dan Raudha Rizkiafillah

Reading Time adalah salah satu program literasi yang mulai diselenggarakan di Nurul Fikri Boarding School Bogor. Program ini telah dimulai pada tanggal 30 oktober 2017 lalu dan dilaksanakan tiga kali dalam sepekan selama 30 menit sebelum santri memulai kegiatan belajar. Inti dari program ini adalah melatih para santri menyediakan waktu khusus untuk membaca.

Para santri dapat memilih buku yang mereka ingin baca di perpustakaan sekolah yang telah menyediakan buku dengan berbagai tema dan genre. Setelah membaca biasanya mereka diimbau untuk menulis apa yang telah mereka pelajari atau dapatkan dari buku yang telah mereka baca. Program yang diadakan untuk membangun kebiasaan membaca itu disambut baik oleh para santri dengan bersemangat mengisi buku reading report mereka.

Ustadzah Nova sebagai guru yang mengetuai program ini sangat bersemangat membimbing para santri dan memberikan tip bagaimana cara memilih sebuah buku dengan alur cerita yang bermanfaat. Beliau berharap program ini dapat menumbuhkan generasi yang cinta dengan ilmu pengetahuan, memiliki wawasan yang luas dari membaca, dan memiliki kemampuan untuk menyeleksi informasi.

Editor: Marlina Ali

Leave a Reply