Tips Menghafalkan Alqur’an ala NFBS Bogor di Masa Pandemi

By January 29, 2021Video


Tips Menghafalkan Alqur’an ala NFBS Bogor di Masa Pandemi

(Metode 3M + 3T)

Halo Tholib-Tholibah semua? Bagaimana kabarnya? Semoga tetap sehat dan produktif ya di Masa Pandemi. Aamiin. Tetap jaga kesehatan yaaa. Tetap gunakan protokol 3M. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Oh ya, di Masa pandemi ini Nurul dan Fikri akan berbagi tips menghafalkan alqur’an di masa pandemi dengan protokol 3M + 3T. Agar kita bisa selalu produktif di masa pandemi ini. Baca sampai akhir yaaa.

Berikut tips menghafalkan alqur’an ala Nurul dan Fikri dengan protokol 3M + 3T


1. Menjaga Niat
Yang pertama ini penting banget yaaaa. Niat yang kuat mampu menggerakkan kamu melawan kemalasan dan rasa ngantuk. Nah, pastikan ketika kamu menghafalkan alqur’an. Niatkan untuk Allah semata ya. Dialah Dzat yang selalu melihatmu dan membersamaimu. Jadi kamu akan malu saat rasa ngantuk dan rasa malas mulai menghampiri. Balik lagi deh nanti semangatnya. Oh ya, Nurul dan Fikri punya tips lain loh untuk masalah niat. Kamu bisa meniatkan hafalanmu sebagai bentuk bakti kepada orang tuamu. Ya, gak papa, karena berbakti kepada orang tua adalah perintah Allah.

2. Menjauhi Maksiat
Nah, untuk tips kedua adalah tipsnya Imam Syafi’i. Seorang imam yang sudah hafal 30 Juz alqur’an di umur 9 tahun. Mantap kan? Tholib tholibah pengin gak seperti Imam Syafi’i? Kalo pengin maka ikuti saran Nurul dan Fikri ya. Mari jauhi maksiat, apalagi maksiat mata yang bisa kita lakukan saat membuka hp atau laptop kita. Hati-hati ya sama Tik-T*k, In*ta*ram. Ambil yang baik-baik, buang yang jelek-jelek.

3. Muraja’ah
Tips selanjutnya adalah muraja’ah atau mengulang hafalan alqur’ab yang sudah kita hafalkan atau setorkan kepada musyrif. Inilah kunci suksesnya hafalan seseorang. Kunci menjadi seorang hafidz/ hafidzoh yang mutqin. Jadi jangan lupa luangkan waktu untuk muraja’ah ya setelah kamu setoran sama musyrif. Kalo Nurul dan Fikri sih biasanya muraja’ah saat ba’da sholat dzuhur dan sholat ashar. Kalo kamu?

4. Talaqqi
Saat kamu menghafalkan alqur’an, kamu harus Talaqqi atau membaca alqur’an langsung di depan gurumu atau musyrifmu. Musyrifmu nanti akan memperbaiki kesalahanmu saat Talaqqi. Nah di masa pandemi ini kamu bisa talaqqi melalui via zoom loh, saat kamu KBM Qur’an. Jadi pastikan kamu rajin hadir KBM Qur’an di waktu ba’da subuh dan maghrib yaa. Semangaaaaat.

5. Tikrar
Tikrar adalah kegiatan mengulang-mengulang bacaan sampai kamu hafal. Nah, kamu harus mampu melalui fase ini supaya bisa menjadi hafidz dan hafidzoh yang mutqin. Nurul dan Fikri sih biasanya melakukan tikrar saat malam hari sebelum tidur. Kalo kamu kapan?
Oh ya, Nurul dan Fikri juga punya mindset kalo hafalnya cepet ya Alhamdulillah, kalo gak hafal-hafal berarti ayat itu lagi kangen sama Nurul dan Fikri. Jadi nikmat deh melalui fase tikrar ini.

6. Tasmi’
Ini nih, tips yang paling terakhir, yaitu tasmi’. Nah di NF ini biasanya kan kita tasmi’ setelah berhasil menghafalkan 1 juz alqur’an. Jadi semangat terus ya menghafalnya supaya bisa segera tasmi’. Langsung buat target di semester ini kapan kamu akan tasmi’, lalu sampaikan ke musyrif/ musyrifahmu, supaya bisa mengingatkanmu. Jadi kapan kamu akan tasmi’?

Oke, itu ya, tips n trik menghafal alqur’an ala Nurul dan Fikri di masa pandemi. Ingat-ingat ya protokol 3M + 3T nya. Nurul dan Fikri tunggu kabar baik kamu yaaaaa. Semangat.

Binsan Nfbs Bogor

Leave a Reply