fbpx
Leadership ProgramsMatriks

PUT FIRST THING FIRST

PUT FIRST THING FIRST

 

Memprioritaskan yang memang menjadi prioritas merupakan perkara yang tak mudah. Kodrat manusia sebagai makhluk sosial seringkali menghadirkan perasaan sungkan menolak permintaan ataupun ajakan orang lain. Padahal tak jarang kepentingan orang lain berbenturan dengan kepentingan diri sendiri. Bisa juga dilema terjadi akibat agenda diri sendiri yang terlalu padat sehingga menciptakan konflik “Mana ya, yang harus saya prioritaskan?”.

Dilema ini pasti pernah dialami oleh setiap orang, tak terkecuali siswa yang memilih menuntut ilmu di boarding school. Karena itu, tim panitia Matriks SMAIT NFBS Bogor 2020 memandang perlu menyiapkan sesi “Put First Thing First” dengan pemateri waka Kurikulum, ustazah Nilam Cinderadewi, S.Si. Pada sesi ini, peserta Matriks, baik tholib maupun tholibah, diberi informasi tentang 4 quadran waktu dengan 4 tipe orang dan bagaimana me-manage waktu agar peserta didik tidak terjebak dalam agenda orang lain yang mengacaukan agenda diri sendiri ataupun menjadi sosok “yes man”. Pada akhir sesi ini, peserta didik diminta membuat prioritas ketika bersekolah di NFBS Bogor selama tiga tahun ke depan dengan perumpamaan apel (prioritas), jagung, dan pop corn (agenda tidak penting yang seringkali menggeser prioritas).

Pada akhirnya, peserta Matriks 2020 diharapkan dapat membuat skala prioritas kegiatan mereka sehari-hari, baik saat menimba ilmu di SMAIT NFBS Bogor maupun setelah terjun di masyarakat nanti. Sesi ini juga mengajarkan bahwa berkata “tidak” ata “no” tak selalu buruk. Jadi, jangan takut berkata “No / tidak” ketika ajakan orang lain berbenturan dengan agenda kita, ya?!

 

#Matriks2020

#Standinghigh_Pandemicbye

#Matriks_D4

 

 

 

Leave a Reply