fbpx
Uncategorized

Pulsa Gratis

Siapa sih yang gak mau dikasih pulsa gratis… Apalagi jaman kiwari, era digital. Pulsa bisa dikonversi jadi kuota dan dengan kuota selancar di dunia maya makin asyik masyuk. Mengakses medsos sepuas hati plus menebar kebaikan di dalamnya.
Lalu… Ada apa dengan pulsa gratis?
Sederhana.
Itu jadi trend bahkan budaya yang menarik di lingkungan kami. Nurul Fikri Boarding School Bogor. Direktur operasional saat ini, gemar banget bagi-bagi pulsa gratis. Dari moment yang sederhana, bagi-bagi kuis di grup medsos kami ataupun di acara besar yang kami lakukan.
Pulsa gratis jadi magnet tersendiri yang membuat antusias komunal meningkat. Tak jarang jari perekat silaturahmi yang mulai garing. Semisal, hampir semua elemen sedang sibuk dengan dunianya masing-masing. Mengajar, belajar, menerima telepon dari calon orang tua santri, membalas pesan orangtua santri, membersihkan taman, mengecat dinding, merapikan buku perpustakaan, merapikan perlengkapan laboratorium, memurojaah hafalan, pokoknya grup lagi sepi-sepinya…. Tetiba Pak Dirops muncul dengan feed seulas gambar disertai pertanyaan, hayooo jadinya bagaimana? siapa yang bisa jawab tuh?
Kalau udah begitu, mau gak mau banyak dari kami tertarik melongok grup dan ngepoin apa sih yang ditanyakan… buru-buruan jawab deh, karena tahu kalo pak Dirops udah ngasih feed, pulsa gratis bisa menggelontor masuk ke nomer-nomer yang bisa menjawab sesuai harapan beliau. Ramailah grup dengan jawaban, sapaan, senda gurau, bahkan balik bertanya lagi…
Banyak dari kami, nyaris semua sepertinya siiih… udah nyicipin pulsa gratis ini dari pertanyaan kacang goreng hingga pertanyaan yang membuat dahi berkerut. Insya Allah menambah wawasan, mengasah otak, juga kecepatan, tentunya. Seperti, “Kemarin Ashim bertanya-‘eyang… waktu salat jamaah di masjid, Ashim sujudanya empat kali’- naaah… Ashim ikut salat jamaah apa yaaa???” atau “coba hitung berapa banyak segitiga di gambar ini!”
Penulis pun kerap mendapatkannya… seneng? Pasti, seneng banget. Seperti disampaikan di awal tulisan, pulsa itu sesuatu bangeeet… seakan-akan tambahan nyawa.
Moment pertemuan akbar yayasan kami adalah salah satu peluang mendulang pulsa gratis ini. Jika dibilang nominalnya berapa, gak besar-besar amat sih, namun ya itu tadi. Pulsa itu doorprize murah namun sangat menarik. Bisa jadi pulsa gratis ini jadi salah satu motivator kehadiran di pertemuan akbar semacam pengajian pekanan, kajian bulanan, halal bil halal, pelatihan dan training. Karena, di akhir sesi pak Dirops akan memberikan pertanyaan yang berhadiah pulsa. Tentunya petanyaan yang sederhana, mudah dijawab. Namun kadang kita luput menyimaknya. Missal, dalam sebuah kegiatan pertanyaannya “Surat dan ayat berapa yag tadi dibacakan oleh ust. A dalam membuka acara ini?”
atau “Ada berapa total siswa baru yang akan kita terima di tahun ajaran baru ini?”. “Siapa nama ketua yayasan kita sekarang?” dan sejenisnya.
Semoga aja motivasi pulsa grtais ini bukan motivator unggulan ya… Niat karena Allah swt. tetap yang utama disamping menunaikan hak dan kewajiban sebagai pegawai yayasan.
Pulsa gratis ini juga secara tidak langsung menjadi perekat jalinan ukhuwwah di antara kami. Saling sapa, senda gurau di grup demi menjawab pertanyaan pak Dirops. Menambah kedekatan tanpa sekat atasan bawahan dengan mengedepankan ihtiram [rasa hormat]. Pun menumbuhkan jalinan rasa memiliki terhadap yayasan. Sungguh sederhana namun bermanfaat ganda.
Masya Allah, Subhanallah… Maha Suci Allah… sangat mendalam rasa cinta dirops kepada pegawainya. Hadiah-hadiah kecil pulsa gratis menjadi pengikat hati, ta’liful quluub kami. Semoga Allah swt karuniakan rahmat, taufik, hidayah dan inayah-Nya pada beliau.

Bogor, 25 Mei 2020
Erna Maryati (Penulis adalah guru Matematika di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Bogor)

Leave a Reply