“Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu”-Imam Malik.

Alhamdulillah, SMA IT NFBS Bogor telah melakukan kegiatan Goes to Campus dengan lancar. Kegiatan ini maksudkan memberi pandangan bagi siswa SMA IT NFBS Bogor untuk menentukan pijakan mereka selanjutnya dalam menuntut ilmu.

Peserta dalam Goes to Campus ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA IT NFBS Bogor. Dilaksankan dari tanggal 17- 20 November 2019 dengan mengunjungi beberapa Universitas dan Sekolah Tinggi di Yogyakarta. Atas kehendak Allah SWT alhamdulillah kita bisa mengunjungi beberapa tempat yaitu: Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN).

Pemberangkatan tanggal 17 November 2019, siswa- siswi terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan Goes to Campus ini dan sudah siap di Landmark NFBS Bogor untuk mendengarkan pengarahan dan pelepasan pemberangkatan. Proses pemberangkatan siswa-siswi ke Yogyakarta menggunakan kendaraan bus yang keren dan nyaman. Sebelum berangkat tak lupa berdo’a dan foto di landmark NFBS Bogor.

Yogyakarta, kita langsung menuju penginapan yang sangat nyaman dengan AC di setiap kamarnya tentunya dengan dua hotel yang berbeda antara Tholib (laki-laki) dan Tholibah (perempuan). Kita langsung bersiap-siap untuk melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah (UMY). Disini kita memperoleh banyak informasi yang sangat dibutuhkan untuk meberikan pandangan kehidupan diUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Anak-anak terlihat serius mendengarkan penjelasan dari narasumber dan antusias, apalagi ketika sesi pembagian doorprice dari pihak Universitas Muammadiyah Yogyakarta (UMY).

Awas kena radiasi!!! Inilah yang ada di pikiran kita ketika mendengar istilah nuklir, tapi semua berubah ketika kita berkunjung ke Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN). Ternyata eh ternyata nuklir memiliki banyak manfaat loh dari kesehatan, pembangkit listrik dan masih banyak lagi.  Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) merupakan sekolah tinggi kedinasan yang didirikan oleh lembaga negara yaitu Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Tujuan kita kesini juga untuk mengenal pijakan lain dalam menuntut ilmu selain di Universitas, yaitu di Sekolah Kedinasan seperti Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) ini. Kita juga berkesempatan untuk mengunjungi lab iRadiator yang berguna untuk mengukur paparan radiasi.

Hari kedua di Yogyakarta, kita berangkat ke Universitas yang merupakan salah satu terbaik di Indonesia dan menjadi tujuan para pelajar yaitu “Universitas Gadjah Mada (UGM)”, Universitas pertama yang didirikan oleh warga pribumi asli. Disini kita bertemu dengan beberapa mahasiwa yang sangat semangat dengan jiwa mudanya sebagai mahasiswa. Kakak mahasiswa ini perwakilan dari organisasi BEM Fakultas Teknik UGM, mereka menjelaskan dengan detail tentang UGM dan Fakultas Teknik. Selain itu Kakak mahasiswa juga berbagi pengalaman mengenai kehidupan mahasiswa di Yogyakarta dari tempat tinggal dan tempat makan yang recommended.

Sudah jauh-jauh ke Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung Malioboro menikmati suasana kota Yogyakarta di malam hari walau sekedar berjalan-jalan saja dan membeli oleh- oleh untuk keluarga.

Di hari terakhir tanggal 20 November 2019, kita membereskan barang di hotel dan persiapan untuk menuju tujuan terakhir yaitu Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Kampus yang luas dan bagus menurut anak-anak ketika masuk kesini. Kita di sambut oleh mahasiswa dan Dosen dari UII yang ramah. Disini kita diberikan beberapa penjelasan tentang UII yang merupakan salah satu Universitas Islam terbaik di Indonesia. Serunya lagi di sesi terakhir ada pembagian doorprize lo dari pihak kampus UII, gak percaya? Ini buktinya

Dan di kampus inilah akhir dari perjalanan kita di Yogyakarta, semoga perjalanan mencari ilmu ini bisa bermanfaat bagi kita semua, di ridho’i, serta dapat mempererat silaturahmi sesama umat manusia. Aamiin.

 

By ; Ust Achmad Erhanantya, S.Pd

Leave a Reply