fbpx

Neutron dan Science Show

Bila Market Day diisi dengan stan-stan kuliner, maka panggung utama Student Celebration dimeriahkan oleh Neutron. Neutron adalah singkatan dari Nurul Fikri Students Performance Day. Terdiri dari pertunjukan angklung, musik semi akustik, tari saman, komedi tunggal, monolog, serta pertunjukan puisi.

Dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan Mars NF yang dibawakan dengan angklung, suguhan kelas 8 tholibah ini mampu menarik pengunjung untuk merapatkan diri ke panggung utama. Alunan musik dari Golden String pun tak kalah menarik. Beranggotakan Desmo dan Zamzami (vokal), Aydin Naufal (gitar), Gintang (keyboard), dan Rohib (kazon), Golden String membawakan dua lagu berturut-turut: Rayuan Pulau Kelapa dan Ya Maulana. Setelah itu panggung diambil alih oleh Ahmad Bima Muntahar. Ia tampil sebagai komedian tunggal. Lawakannya tentang keseharian santri di NFBS Bogor mampu mengocok perut penonton. Santri kelas 8 tholib yang akrab disapa Bima ini mengakui bahwa sebenarnya ia gugup karena tampil di depan ustad dan ustazah serta di depan para wali murid. Namun ia dapat mengatasinya sehingga penampilannya berjalan mulus. Kemudian secara berurutan Ridwan bermonolog dengan tema gawai serta Arnita dan Azzahra membawakan puisi bertema ayah. Yang ditunggu-tunggu adalah pertunjukan tari Saman oleh tholibah kelas 8. Walaupun tampil dengan kostum seadanya, gerakan Fadia Nida dan kawan-kawan yang bertenaga dan serempak mampu memukau penonton.

Aydin Naufal, leader Golden String mengungkapkan, meskipun ada kendala pada sound system pada saat tampil, ia mengaku tetap puas karena terbentuknya sebuah grup band di kelas 8 merupakan salah satu pencapaian yang keren menurutnya. Sehingga ia berharap untuk acara Neutron selanjutnya sound systemnya lebih baik, serta waktu persiapan yang diberikan juga lebih panjang.

Sementara itu, area kelas juga tak kalah riuh dari area Landmark karena disulap menjadi ruang Science Show. Terdiri dari robotik, fisika, kimia, biologi, kimia, dan matematika. Tiap stan dijaga oleh dua sampai dengan tiga orang santri. Kepada setiap tamu yang datang, para calon saintis ini menjelaskan percobaan-percobaan yang mereka demostrasikan. Contohnya mengenai kandungan protein dalam telur, membuat lava gunung berapi, percobaan hukum Archimedes dengan telur dan air garam serta pameran robot-robot hasil rakitan santri NFBS Bogor. Para pengunjung pun antusias mendengarkan penjelasan-penjelasan tersebut. Seperti kata pepatah, sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui, sekali datang ke Student Celebration, rapor diterima, ilmu bertambah, perut kenyang, hati pun senang. (Rahmi Septiari)

Leave a Reply