fbpx

Banyak orang mengartikan apa itu hobi. Pada dasarnya hobi adalah sesuatu yang disenangi dan kerap sekali dilakukan. Hobi adalah suatu hal yang menyenangkan yang saat kita lakukan dapat memberikan rasa senang untuk kita.

Sama halnya seperti di NFBS Bogor, kesenangan-kesenangan para santri bisa disalurkan melalui ektrakulikuler (eksul). Esksul di NFBS Bogor sendiri terbilang cukup banyak, ada yang di bidang olahraga, science, bahasa bahkan cooking club. Salah satu eksul unggulan di NFBS Bogor yaitu eksul robotic, terbukti dengan  banyaknya lomba-lomba yang sudah di menangi dalam kancah Nasional maupun Internasional.

Seperti pada tanggal 27 Sepetember 2018 kemarin, NFBS Bogor membondong 2 medali dari 2 katergori yang berbeda dalam lomba 5TH Kontes Robot Nusantara (KRON) Asian robotic Competition for Primary and Secondary Schools yang diadakan oleh Team Indonesia Robot Federation (IROF) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD.

Di NFBS Bogor sendiri anak-anak yang mengikuti eksul adalah anak-anak yang memang menyukai dan tertarik untuk hal-hal yang bersangkutan dengan eksulnya, sama seperti eskul robotic anak-anak yang mengikuti eksul robotic biasanya mereka yang menyukai atau tertarik bahkan penasaran dengan dunia seputar robot. Seperti halnya Jafar dan Hafidz santri kelas 8A yang kemarin menajadi salah satu tim yang membawa pulang medali bronze diajang lomba KRON kategori creative tanggal 27 November 2018 lalu, pada awalnya Hafidz mengikuti eksul robotic karena Hafidz penasaran dan mempunyai ketertarikan mencoba dunia berbau robot, “Setelah masuk eksul robotic, terus lama kelamaan jadi seneng deh sama robotic” Begitu penuturan dari Hafidz.

Berbeda dengan Jafar yang memang sudah menyukai hal-hal berbau lego saat masih di Sekolah Dasar (SD) alasan Jafar mengikuti eksul robotic adalah unuk melanjutkan hobinya atau kesenangannya saat SD, menurut Jafar “Bikin robot sama programnya itu seru, terus kalau robotnya sudah jadi kelihatan keren aja gitu” jelas Jafar dengan semangat.  Berbeda dengan Andhika Pratama kelas 7B yang meraih Juara 2 dengan medali silver kategori Drone Coding Mission dalam ajang KRON di ICE BSD lalu alasan mengikuti eksul robotic adalah menurutnya masa depan robot akan sangat berguna untuk membantu kegiatan-kegiatan manusia.

Pada dasarnya menurut Ustad Zulfikar selaku Obsever santri yang mengikuti lomba KRON kemarin “anak-anak ini sudah mempunyai talenta khusus dalam hal robotic, karena meraka sangat cepat menangkap untuk mempelajari tentang robotic” jelas usta

d Zulfikar. Hal ini dibuktikan dengan persiapan yang sangat singkat yaitu H-3 hari mereka bisa membuktikan dapat membawa pulang 2 medali (bronze dan silver medals) dengan kendala yang salah satu robotnya tidak bisa beroperasi.

Saat ditanya apakah tips dan trik agar bisa memenangkan lomba jawaban dari Andhika adalah “jangan malas unuk belajar, jangan malas untuk nambah ilmu dan triknya adalah belajar dan belajar”. Berbeda dengan Hafidz yang memberikan tips bahwa “mengikuti eksul harus dengan serius dan saat ada tambahan-tambahan materi seperti workshop jangan malas untuk ikut karna itu sangat berguna untuk menambah pengetahuan”.

Dengan bebrapa kali memenangkan lomba dalam bidang robotic tentunya ada harapan-harapan kedepannya untuk eksul robotic NFBS Bogor kedepannya. “harapannya bisa membuat karya baru yang lebih bagus dan menarik lagi dari sebelumnya dan bisa mengikuti lomba robotic dalam tingkat internasional” begitu penuturan Andhika yang perdana memenangkan lomba roboti di NFBS Bogor. Jadi semua yang sudah diraih oleh eksul robotic NFBS Bogor ini memang terbukti atas kerja keras dan kerja sama yang dilakukan oleh semua pihak terkait, yaitu Ustad Lukman selaku Pembina eskul robotic, anak-anak yang sangat semangat dan yakin akan kemampuan dan kerja kerjasnya akan membuahkan hasil dan seluruh orang-orang di NFBS Bogor yang mendukung. Kuncinya adalah senangi dulu baru akan bisa membuahkan hasil.

Leave a Reply