fbpx

Ekstrakurikuler sekaligus Program Unggulan di NFBS Bogor “Speech English” Meraih Juara Nasional

Ini adalah sebuah keberhasilan pertama yang diraih oleh ekstrakulikuler dan program unggulan dari NFBS Bogor “Speech English” Juara yang dimenangkan anak santri SMP Tholib yaitu lomba setingkat Jawa Barat dan Sumatera yang diadakan oleh Univeritas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.Anak memiliki rasa takut untuk mencoba suatu hal yang baru, tetapi anak juga memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap sesuatu hal yang baru. Salah satunya yaitu mengikuti perlombaan. Biasanya faktor yang membuat anak tidak mau ikut perlombaan karena takut dengan kekalahan dan kurangnya percaya diri.

Di NFBS Bogor sendiri anak-anak didorong dan dimotivasi untuk mengikuti lomba-lomba yang sesuai dengan bakat yang dimiliki anak-anak. Sepertinya pada tanggal 29 September 2018 lalu,  terdapat 2 santri Tholib yang mengikuti lomba Annual English Contests and Seminar (AESC) 2018 yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dengan tingkat se Jawa Barat dan Sumatera, yaitu Abdurarahman Ammar (Ammar) dan Mohamad Arief Atahillah (Ghulam) Menurut Istiana sendiri sebagai pendamping dan pelatih, persiapan untuk lomba speech itu sendiri yaitu yang terpenting adalah mental, karena dengan kesiapan mental akan memperkuat mendukung kemampuan yang dimiliki. Beberapa alasan Istiana memilih Ammar dan Ghulam untuk diikuti lomba speech  ini adalah mereka memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus dengan berdasarkan pengalaman saat Qur’anic Camp and Character saat di Lembah Nyiur Bogor bulan Juli – Agustus lalu, selain itu mereka juga memiliki attitude yang baik, dan kesiapan mental dan kepercayaan diri yang baik pula.

Ini dibuktikan dengan penuturan dari Ghulam yang menyatakan bahwa dia sangat semangat saat mendengar pengumuman adanya lomba speech. Persiapannya untuk lomba Speech ini sendiri kurang lebih sebulan dengan diawali oleh brainstorm ide, gagasan dan sumber-sumber untuk konten speech nya, setalh itu dilanjutkan dengan latihan setiap hari yang dan menghafal speech nya. Alhamdulillah dengan persiapa yang terbilang sebentar yaitu kurang dari 1 bulan hasil akhir lomba  Annual English Contests & Seminar (AESC)  Abduraahman Ammar mendapatkan peringkat 2 dan Mohamad Arief Atahillah mendapatkan peringkat 5 besar.

Kemenangan ini semua dibuktikan bahwa semua yang dipersiapkan harus secara seimbang dari segi kemauan, kesiapan mental, kemampuan, attitude, dan yang terpenting adalah doa. Karena dengan usaha dan doa yang maksimal akan menghasilkan hasil yang memuaskan juga. Karena hasil berbanding lurus dengan usaha dan doa. (Yustin)

Leave a Reply