Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..Laa – ilaaha – illallaahu wallaahu akbar.Allaahu akbar walillaahil – hamd. Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar…..Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa,…wasubhaanallaahi bukrataw – wa ashillaa. Laa – ilaaha illallallahu walaa na’budu illaa iyyaahu. Mukhlishiina lahuddiin. Walau karihal – kaafiruun, Walau karihal munafiqun, Walau karihal musyriku.

Takbir berkumandang Idul Adha 1439 di hari Rabu, Tanggal 22 Agustus 2018, Kecerahan Ciapus di NFBS Bogor membuat Para santri dan Orgtua beserta Guru berkumpul untuk melaksanakan Shalat Idul Adha sekaligus memberikan penghargaan terhadap para santri penghapal Al-Qur’an dalam kegitan 1 bulan lalu di Villa Lembah Nyiur Puncak.

Pemotongan Kurban sudah dilaksanakan 2 tahun ini, dan akan menjadi tradisi untuk tiap tahunnya. Alhamdulillah dari tahun 2017 ke 2018 , hewan kurban pun meningkat drastis hewan kurban sapi dan kambing 2x lipatnya dari tahun sebelumnya dengan jumlah keseluruhan total hewan kurban untuk 63 kambing dan 11 sapi . Hewan kurban dan pemotongan ini disebarkan di berbagai daerah sekitaran NFBS Bogor Ciapus, kecamatan Tamansari Bogor.

Data yang diperoleh untuk hewan kurban sapi dibagikan ke masjid dan mushola ada 11 tempat & hewan kurban kambing dibagikan ke beberapa daerah 29 tempat seperti Sekolah Paud SD SMP SMA , Polsek, Kantor Kecamatan, Kantor Desa, Koramil wilayah Tamansari Bogor , Masjid dan Mushola . Tak lupa juga seluruh karyawan Nurul Fikri Boarding School Bogor mendapatkan pembagian kurban Id Adha 1439.

Acara yang dilakukan Idul Adha 1439, setelah shalat Id Adha seluruh karywan , santri dan orang tua santri saling bermaaf-maafan dilanjutkan makan pagi bersama yang diperoleh dari relawan acara Idul Adha yaitu Para Orang Tua Santri, pemotongan kurban dimulai dari jam 09.00 setelah makan, kemudian dilanjutkan pencacahan daging, pembagian daging yang akan dimasak dan pembakaran daging hewan kurban, setelah selsai jam 12:30 dilanjutkan makan siang yang sudah siap dimakan daging hewan kurban seperti sate kambing atau sate sapi dan selain itu makanan cemilan diberikan dari para orang tua santri.

Tahun 2018 ini, dengan mengadakan acara tersebut tujuannya saling bersilahturahim kembali kepada satu sama lain antara orang tua dan seluruh karyawan NFBS Bogor serta para santri tak lupa juga acara ini bermanfaat dalam menjalin sebuah kebersamaan , moment spesial ini tidak akan terlupakan.

Widya sebagai santri Tholibah kelas 11 SMA IT NFBS Bogor , mengatakan “biasanya saya jijik memegang daging tapi kali ini karena tidak ada yang mau berani membantu memasukan daging hewan kurban ke tusuk sate, saya korbankan tangan saya untuk memegang” sambil tertawa.

Para santri adalah sebagai panitia kurban 2018 , juga ikut serta dan merasa gembira karena bisa melakukan pemotongan kurban, pencacahan, menguliti daging, membersihkan daging, membawa daging, memasak daging dan juga melakukan pembakaran daging untuk dijadikan sate semua dilakukan sendiri. Keberanian mereka dalam acara ini, membuat anak santri terdidik kemandiriannya.

Desmo Sebagai Santri Tholib kelas 8 SMP IT juga sangat antusias dalam memotong dan menusuk daging untuk membuat sate,”ada yang bisa dibantu ustdzah untuk memasukan daging ke lidi ”ucapnya.

 

Leave a Reply