KepesantrenanKreatifitas SiswaLeadership Programslomba

Jalan-Jalan ke Saturnus Sambil Makan Martabak

By August 27, 2018 No Comments

Para penumpang yang terhormat, selamat datang di Saturnus. Kami persilahkan Anda untuk tetap duduk sampai pesawat ini benar-benar berhenti dengan sempurna.

Begitulah pengumuman dari pramugari ketika pesawat yang ditumpangi para tholibah NFBS Bogor telah mendarat di Saturnus. Para penumpang pun tetap tenang di tempat duduk masing-masing. Tidak lama kemudian, muncullah dua makhluk aneh. Salah satu dari mereka berpostur lebar, berkacamata hitam, dan berjubah merah. Sementara itu rekannya bertubuh jangkung, dan berjubah putih. Lalu mereka memperkenalkan diri sebagai Jihan dan Alisha. Jihan dan Alisha selaku makhluk Saturnus menyambut kedatangan para tholibah dengan jenaka.

Jika Cherrybelle pergi ke bulan naik delman, maka para tholibah (SMP dan SMA) pergi ke Saturnus dengan kendaraan bernama “kebersamaan”. Saturnus yang dimaksud bukanlah salah satu planet yang ada di tata surya. Saturnus ala NFBS adalah Salam Silaturahim Nurul Fikri, disingkat menjadi Saturn. Kegiatan ini diadakan di aula Palelon, Grand Hotel Lembah Nyiur. Saturn merupakan acara penutupan QCC. Acara ini diisi dengan berbagai pertunjukan dan penghargaan. Di Saturn, tholibah angkatan pertama menampilkan pertunjukan tarian semaphore, pembacaan puisi, puisi berantai, paduan suara, serta pemutaran video berisi foto-foto gokil tholibah. Pertunjukan-pertunjukkan tersebut disuguhkan untuk menunjukkan bahwa santri lama menyambut kehadiran santri baru (angkatan kedua), baik SMP maupun SMA. Santri lama mengajak santri baru untuk membangun kebersamaan di NFBS Bogor nantinya.

Di tengah-tengah acara, muncullah makhluk berkostum hijau. Makhluk itu dipanggil “Alien” oleh Jihan dan Alisha. Alien membawa sebuah kotak. Kotak itu berisi surat-surat yang ditulis oleh santri baru untuk santri lama. Seluruh santri langsung heboh karena ternyata inilah acara yang paling ditunggu: pembacaan surat. Selain pembacaan surat, acara yang tak kalah menariknya adalah video challenge. Pada video challenge, santri terpilih memberikan tantangan kepada santri lain untuk melakukan sesuatu melalui video. Suguhan terakhir di Saturn adalah seluruh santri bersama-sama menyanyikan lagu “Manusia Kuat” (Tulus). Lagu ini begitu pas untuk para santri sebab dapat memotivasi mereka untuk tetap kuat menghadapi berbagai situasi, terutama ketika tinggal di lingkungan NFBS Bogor.

Di waktu yang sama, tetapi di aula yang berbeda, juga terdengar kesemarakan Martabag. Martabag (Malam Keakraban dan Peringatan 17 Agustus) adalah acara penutupan QCC yang diselenggarakan oleh tholib. Dengan taglineAs sweet as martabak”, Martabag menghadirkan perkusi, drama, pemutaran video recap QCC. Selain itu, di Martabag juga ada penyerahan hadiah untuk para pemenang perlombaan yang telah diadakan pada pagi dan siang hari.

Semoga program QCC yang telah dijalani selama lebih kurang satu bulan benar-benar seperti martabak: manis dan mengenyangkan. Manis dari segi kebersamaan dan mengenyangkan dari segi perolehan ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu umum. Sampai jumpa di QCC berikutnya. (Rahmi Septiari)

 

Leave a Reply