Dingin masih menyelimuti daerah Puncak. Namun para calon pemimpin bangsa telah keluar dari kamar masing-masing. Di lapangan tenis Grand Hotel Lembah Nyiur, seluruh santri dan guru NFBS Bogor, melaksanakan upacara peringatan ulang tahun ke-73 Republik Indonesia.

Suasana mulai hening ketika Muhammad Aufa Rizqullah (X IPA 1) mengawali rangkaian acara dengan melantunkan ayat suci Alqur an. Ketika bendera merah putih akan dikibarkan Paskibra (Muhammad Iffah Dzaki, Indifazati Dhiya Ulhaq, Nadhif Raihan Fakhriansyah, santri kelas X IPA 1), semua peserta upacara hormat dengan sikap sempurna. Alunan lagu Indonesia Raya yang mengiringi penaikan membuat suasana semakin khidmat. Lalu, teks proklamasi dibacakan oleh Ustad Dedy Setyo Afrianto, M.Pd yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Santri beserta guru-guru NFBS Bogor tentu tidak merasakan beratnya perjuangan mengangkat senjata dan usaha diplomasi. Namun, berkat pelajaran sejarah, kita dapat mengetahui sekaligus memahami perjuangan para pahlawan sehingga pada Jumat, 17 Agustus 2018, upacara peringatan ulang tahun Republik Indonesia berlangsung tertib, lancar, penuh keharuan, serta dengan semangat yang sama dengan Jumat, 73 tahun yang lalu. Merdeka! (Rahmi Septiari)

Leave a Reply