Mendengar kata camp—dalam bahasa Indonesia berarti kemah—tentu yang terbayang adalah jejeran tenda-tenda di ruang terbuka. Namun QCC (Quranic and Character Camp) Nurul Fikri Boarding School adalah kegiatan camp yang berbeda dibandingkan camp yang diselengga rakan oleh satuan pendidikan lainnya. Camp yang dimaksud adalah tempat sementara sebelum tinggal di lingkungan pesantren yang sesungguhnya. Tujuan camp ini adalah untuk membangun kecintaan santri terhadap Alquran, menghafalkan Alquran minimal satu juz, menguatkan kembali habituasi aktivitas ibadah serta menguatkan karakter dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Bila sebelumnya QCC diadakan di dua tempat terpisah: pesantren El Tahfidz (tholib) dan Wisma Islami Akafa (tholibah), maka kali ini QCC diadakan di satu tempat, yaitu di Hotel Grand Lembah Nyiur, Puncak, Bogor. Di Lembah Nyiur, selama sebulan—22 Juli s.d. 22 Agustus 2018—seluruh santri, baik SMP maupun SMA (tholib dan tholibah) akan dibimbing oleh guru-guru Nurul Fikri Boarding School Bogor serta tutor-tutor bahasa Inggris yang didatangkan dari luar lingkungan Nurul Fikri Boarding School. Area Lembah Nyiur yang tenang, rindang, dan lapang menjadi setting yang sempurna bagi suasana belajar dan menghapal Alquran.

Sejak pertama kali digelar, pada Januari 2018, QCC selalu berusaha menyajikan berbagai program unggulan yang dapat membentuk karakter kemandirian dan kepemimpinan santri serta kecintaan santri terhadap Alquran. QCC ke dua ini akan diisi dengan program quranic, matrik, akademik, dan esspresso (Alquran, matrikulasi, akademik, bahasa Inggris).

Pekan pertama yang telah berlangsung diawali dengan program Alquran dan matrikulasi. Program Alquran yang terdiri dari tahsin, tahfidz, serta kajian kitab merupakan bagian dari kurikulum kepesantrenan. Program ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tajwid santri, menguatkan kecintaan terhadap Alquran serta membentuk habituasi aktivitas ibadah.

Matrikulasi merupakan program pengembangan soft skill santri. Program ini berbentuk penyampaian materi oleh nara sumber yang merupakan guru-guru NFBS Bogor. Materi-materi yang didapatkan santri berupa Misi Hidup Manusia, Be Proactive, Membaca Efektif, Overview Konsep Belajar, Menyimak dan Mencatat Efektif, Begin With The End in Mind, Put First Thing First, Proximal Goal Setting, Kepesantrenan, School Profil and Regulation, PANTAS, dan Ta’dib (ReFResH). Penerapan materi-materi tersebut nantinya akan membantu siswa dalam menjalani kegiatan belajar mengajar serta keseharian di lingkungan pesantren.

Selain program Alquran dan matrikulasi, setiap harinya selalu ada kegiatan kesiswaan. Kegiatan yang pelaksanaannya dibantu oleh OSIS ini dimulai pukul 16.00 s.d. 17.00 WIB. Bagian kesiswaan dan OSIS selalu menghadirkan permainan dan olahraga yang memancing minat santri untuk ikut serta, seperti permainan bola tangkap, taekwondo, futsal, badminton, dan baris-berbaris.

Menurut Muhammad Aufa Rizqullah (kelas 10 A) menuturkan bahwa materi-materi yang telah ia peroleh selama sepekan mengikuti QCC, dapat memotivasinya untuk mencapai target hapalan Alquran sebanyak satu juz dalam satu bulan. Tidak hanya itu, setelah mendapatan materi-materi matrikulasi, Aufa semakin terdorong untuk menjadi pemimpin yang quranic.

QCC turut menghadirkan alumni NFBS Anyer dalam gelar wicara. Selama acara digelar (Sabtu, 28 Juli), peserta QCC antusias menyimak berbagai cerita suka duka kehidupan pesantren serta motivasi-motivasi dari para alumni tersebut: Alma Nurul Amany dan Aninda Lusi. Beberapa orang dari peserta juga antusias mengajukan pertanyaan ketika sesi diskusi.

Salma Nisrina (kelas 7C), berpartisipasi dalam kegiatan kesiswaan dapat menghilangkan kepenatan setelah belajar seharian. “Kegiatan kesiswaan itu menyenangkan karena seru. Bisa lebih fresh, enjoy setelah melakukan tugas-tugas,” jelas Salma yang menyukai permainan bola tangkap. QCC, terutama bagi santri baru, dapat menjadi jembatan menuju kehidupan kepesantrenan yang penuh dinamika di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. (Rahmi Septiari)

Video Keseruan Para Santri Angkatan 2017 dan 2018 di Villa Lembah Nyiur , Puncak – Bogor :

 

 

Leave a Reply