Oleh : Ustadzah Nova Setyarina dan Ustadzah Marlina

Jumat, 20 April 2018, santri SMP dan SMA IT NFBS Bogor melakukan wisata literasi, ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengunjungi PP-IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah dan Islamic Book Fair yang digelar di Jakarta Convention Center. Pelaksanaan kunjungan tersebut bertepatan dengan adanya kegiatan Science Day di PP-IPTEk, serta even Islamic Book Fair 2018 yang bertajuk “Meraih Kejayaan Islam melalui Literasi”.

Kegiatan yang diadakan oleh Bidang Learning and Resource Center (LRC) NFBS Bogor ini merupakan salah satu program yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan minat baca dan rasa ingin tahu santri terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.


Nova Setyarina, kepala LRC mengatakan bahwa harapannya, kegiatan di PP-IPTEK dapat menambah pengalaman belajar santri serta menumbuhkan semangat untuk melakukan inovasi dalam ilmu sains dan teknologi. Sedangkan kunjungan ke Islamic Book Fair diharapkan dapat meningkatkan kecintaan santri terhadap buku-buku Islam yang semakin berkembang pesat akhir-akhir ini. Dalam kunjungan ke IBF, santri juga diharapkan memiliki ketrampilan untuk melakukan pemilahan buku-buku yang sesuai dengan standar kelayakan baca yang ditetapkan oleh Tim Budaya Baca LRC NFBS Bogor.
“PP-IPTEK merupakan salah satu tempat di Indonesia yang menjadi icon sains dan teknologi dan memiliki alat peraga yang lengkap,” jawab Lukman, Kepala Sekolah SMPIT NFBS Bogor ketika ditanya mengenai alasan pemilihan lokasi study tour di PP-IPTEK.


Dalam kegiatan kunjungan ke PP-IPTEK, santri dibagi menjadi kelompok-kelompok sesuai level sekolah yang terdiri dari 5-7 santri per kelompok. Berbekal panduan dan Lembar Kerja Siswa, setiap kelompok mendapatkan project wajib dan project pilihan yang akan dikerjakan di wahana-wahana yang ada di PP-IPTEK. Pemilihan wahana didasarkan pada keterkaitan dengan pembelajaran Fisika dan Biologi di sekolah. Santri SMA mengeksplorasi dua wahana wajib dan satu wahana pilihan.

Dalam event Science Day ini, santri juga diarahkan untuk mengikuti Launching New Technology oleh Menristek. Ilmu Sains yang terkesan sarat dengan konsep menjadi sesuatu yang menarik dan aplikatif. Santri terlihat antusias dalam mengeksplorasi peralatan yang ada dalam pameran Science Day maupun berbagai wahana di PP-IPTEK. Setelah observasi dan eksplorasi, masing-masing santri ditugaskan untuk menuliskan apa yang telah dipelajari pada LKS yang telah disiapkan.


Sementara itu, dalam kunjungan ke IBF, selain berwisata ilmu dan literasi, secara tidak langsung, santri juga dilatih untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengelola pengeluaran selama perjalanan dan berbelanja di IBF. Santri diberi batasan jumlah uang yang boleh dibawa serta diberi penugasan untuk memilih dan membeli 1 buku yang selanjutnya akan digunakan dalam project Bahasa Indonesia. Kegiatan ini sekaligus dapat menjadi sarana pembentukan aspek cerdas, mandiri dan terampil yang merupakan komponen profil SMART Nurul Fikri.

“Study tour ini seru banget, kayaknya waktunya kurang lama untuk eksplor semua yang kita ingin tahu dan mencari lebih banyak buku. Seneng juga karena biasanya di kelas kami tidak bisa langsung praktik, tapi di sini semua peraga tersedia, tinggal kita pelajarj aja, ” kata Nurjihan, santri kelas X NFBS Bogor.

Leave a Reply