29-31 Maret 2018 lalu,telah dilaksanakan Smart Camp bagi seluruh santri SMA IT NFBSB Bogor. Kegiatan ini juga merupakan Program dari SMA IT NFBS Bogor dengan tujuan Membentuk Tunas Bangsa yang bertanggungjawab guna menaklukan peradaban serta mengasah skill pramuka. Panitia Camp yaitu para guru ‘ustad dan ustazah’ beserta “Assisten Chiff “,Bapak Heri. Mereka saling berkontribusi dalam menggapai kegiatan ini untuk sesuai tujuan dan harapan agar anak-anak santri bisa terjun langsung kepada masyarakat sekitar maupun lingkungan sekitar.

 

 

 

Para santri SMAIT NFBS Bogor berjalan kaki menuju ke tempat kemah. Sesampainya di lokasi, para santri melaksanakan ISHOMA yang dilanjutkan dengan upacara pramuka. Upacara pramuka pada hari pertama dipimpin oleh Kepala Sekolah SMAIT NFBS Bogor, yaitu Ustadz Dedy. Kegiatan upacara berlangsung dengan cara hikmat, teratur, dan serius. Para santri pun terlihat sangat bersemangat mengikuti kemah ini.

Setelah upacara berlangsung para santri SMAIT NFBS Bogor melanjutkan kegiatan voluntary hours ke TK di sekitar tempat kemah. Para santri mengajar anak-anak TK sambil bermain. Ghaiza maulyda “sebagai calon ketua pramuka SMA IT NFBS Bogor” mengatakan kesan dari camp seru banget , bisa melatih diri menjadi pribadi yang mandiri, kuat dan sigap. Mengajarkan bagaimana caranya mengatur waktu dengan baik, serta amanah dalam menjaga sesuatu. Merasakan bagaimana cara bekerja sama , agar tetap kompak dan tidak boleh egois. Senag dan sedih tercampur dalam camping . Pokoknya seru !”

Muhammad Razan Fawwaz dari Grup Tholib Musa Bin Nushair kesan yang diterima seru, asik tapi kurang basah-basahan perasaan setelah camping biasa aja. Selain itu Farhan dari Grup Thariq, mengatakan camping ini seru namun outbound kurang saran dari outbond baiknya permainan ditambahkan biar makin seruuuu hehe..!. Kedua SMA Tholib ini mengungkapkan kesan mereka pada saat camping ini hampir berakhir.

Hari pertama kegiatan Smart Camp berkumpul dan menjadi guru untuk anak-anak Tk alif lamim. Para santri mengajar dan mendidik anak-anak TK ini sambil bermain keseruan yang dibuat para santri tholib dan tholibah. Voluntir Hours di TK Alif Lamim ini, anak-anak santri diberikan waktu dari jam 1 siang sampai jam 3 sore harus sudah ada di Banyu Camp untuk melanjutkan kegiatannya.

Malam hari pertama di Banyu Camp, Para Santri Tholib dan Tholibah tetap mengikuti kegiatan kepasantrenan NFBS Bogor Sholat berjamaah, menghapal Juz Al-Qur’an dan lain sebagainya. Selain itu para santri berdoa diwaktu malam sebelum tidur, dengan keheningan malam membuat para santri berdoa dengan khusyuk dan menangis.

Pada hari kedua para santri memulai harinya dengan kegaitan tahfidz dan taekwondo. Di siang harinya kegiatan outbond dan tracking pun mereka lalui dengan penuh semangat. Sebelum melakukan tracking selanjutnya para santri SMA IT NFBS Bogor pemanasan dengan cara outbond. Selama kegiatan outbond para santri mengikuti berbagai permainan, seperti sarang laba-laba, lorong komodo, membuat puzzle, membuat menara dari sedotan, panjat bukit, dan melewati air menggunakan tambang. Dalam kegiatan camping ini juga diadakan lomba membuat tandu dari tali. Mereka berlomba dengan antusias, serius, dan fokus agar mendapatkan hasil terbaik

Begitu antusias, serius dan fokus para santri ini dalam menyelesaikan pembuatan tandu. Jika perlombaan selesai dan yang menang akan mendaptkan reward makanan snack untuk para juaranya.

 

 

 

 

 

Selain itu, SMAIT NFBS Bogor juga mengundang Tim Kepanduan Pramuka untuk menjelaskan tentang bagaimana cara bertahan hidup dalam situasi apa pun. Para santri diajarkan agar bisa menghadapi rasa sakit dalam pertolongan pertama dan memilih macam-macam tumbuhan yang layak untuk dikonsumsi. Melalui berbagai simulasi, para santri juga belajar bagaimana melaksanakan tugas secara mandiri maupun bekerja sama. Kemudian belajar konsekuensi yang didapatkan jika suatu amanah tidak dipegang teguh oleh anak-anak santri, nilai didalam kelompok akan dikurangi. Contohnya pada saat menuju camp dari asrama anak-anak santri jalan dan tidak boleh memecahkan telur atau lepas dari tali 1 grup tersebut .

Selain itu, anggota tim kepanduan kak heri dan tim ini juga ngga lupa untuk mengajarkan bagaimana memilih tipe-tipe tumbuhan yang layak untuk dikonsumsi kita. tumbuhannya ini dilihat secara visual atau asli diperlihatkan kepada para santri tholib dan tholibah SMA IT NFBS Bogor. Point-point yang didapat dari tim kepanduan pramuka ini kebanyakan dari para santri tholibah khususnya, yaitu mereka banyak belajar dalam melaksanakan tugas kemandirian, kerjasama dan pengalaman ini yang tidak pernah mereka dapat didalam sekolah maupun dirumah sendiri.

Acara pada hari kedua diakhiri dengan dinyalakannya api unggun dan penampilan seni dari para santri. Kemudian, pada pagi harinya para santri dibangunkan pukul 02.00 untuk melaksanakan qiyamulail berjamaah dan dilanjutkan dengan muhasabah yang dipimpin oleh Ustadz Lukman Fajar Purwoko.

Untuk Grup Santri SMA IT NFBS Bogor Tholibah yang memenangkan perlombaan pramukan dari Grup Sanggah Khaulah mendapatkan juara memasang tenda, Grup Teramanah dan memasang tandu tali menali, Grup “Sanggah Nailah” terdiri dari 7 orang yaitu Della, Gina, Icha, Cyla, Karin, Syifa dan Dayun memenangkan Lomba Paduan Suara, Untuk Lomba baris berbaris yang menang dari Grup Sofiah , di ketuai oleh Nabila Izani dan Juara Grup Terbaik dari Grup Nusaibah, diketuai oleh Vischa.sedangkan yang memenangkan perlombaan pramuka Santri Tholib Juara Terbaik adalah dari Grup Thariq salah satu anggotanya bernama Farhan, pemenang membuat tandu tali menali dari Grup Solahudin terdiri dari 5 orang salah satu anggotanya bernama Ghozi. Acara pun berakhir dimalam terakhir para santri camping diwarnai dengan penuh canda tawa, dinyalakan api unggun yang berbeda tempat antara Tholib dan Tholibah kemudian diselipkan kegiatan pentas seni. Setelah api unggun berakhir, para santri dibangunkan jam 2 subuh untuk Qiyamulail dan baca Al-Qur’an sampai dengan adzan shubuh berkumandang.

Dari keseruan acara ini, Della Avrilia sebagai ketua grup pramuka “Sanggah Nailah”mengatakan kesan dari SMART CAMP ini seneng, banyak pelajaran yang diambil dari melatih kerjasama, kekompakan dan tambah pengalaman, sampe ketawa, nangis, capek juga bareng-bareng gak bakal terlupakan deh acara ini top marko top dan pesan yang diambil dari acara ini selanjutnya semoga makin seru, makin sukses…!

 

 Setelah pagi menjelang para santri siap-siap untuk pulang ke sekolah NFBS Bogor, jalan pulang mereka bukan berjalan kaki lagi melainkan menaiki kendaraan roda empat. Keseruan yang dialami para santri Tholib dan Tholibah ini terasa terlihat dari raut wajah mereka yang lelah dan capek.

Ustadzah Suci sebagai salah satu panitia mengungkapkan bahwa beliau bersyukur Smart Camp ini berjalan dengan lancar. Santri juga antusias dalam menghadapi segala tantangan dan beliau berharap agar mereka dapat mengimplementasikan apa yang mereka dapatkan di kemah dalam kehidupan sehari-harinya.

Adila Ridha Tsabitah sebagai ketua grup pramuka “Sanggah Khaulah”,  kegiatan ini banyak memberi pelajaran yang seru menantang, kemandirian, kerjasama , tanggung jawab, melatih untuk mengatur waktu dengan tepat waktu , mengatasi masalah, menjaga amanah yang diberikan. Pokoknya ini acara gokil banget, semoga harapan kedepanya acara ini lebih sukses dari ini, lebih seru kalau bisa banyakin konsumsinya ya hehehehe….

Video Para Santri Tholib & Tholibah SMA IT NFBS Bogor dalam melakukan kegiatan SMART CAMP

 

Leave a Reply