Leadership Camp, Bogor, 22-24 Maret 2018 merupakan salah satu program dari SMPIT Nurul Fikri Boarding School Bogor yang bertema  “Jaya Mandiri Niscaya Berdikari”, perkemahan “BANYU CAMP” letaknya di bawah Gn. Salak Bogor tepat kearah wisata Air Terjun Curug Nangka Bogor. Rute menuju bumi perkemahan Banyu Camp para santri berjalan kaki dari Asrama NFBS Bogor di Jl. Jami Desa Sukaluyu, membawa peralatan camping yaitu tas carriel, matras , sleeping bag, sepatu gunung dan dilengkapi dengan atribut pramuka “KACU” bendera merah putih yang dipasangkan dileher para santri.

Kegiatan diawali dengan Taujih dari Direktur Operasional, di Landmark NFBS Bogor. Sebelum sampai di lokasi, santri ditugaskan untuk melaksanakan beberapa kegiatan untuk membangun jiwa sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dengan melaksanakan kegiatan Voluntary Hours. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah membersihkan masjid, mengajar di PAUD/SD, membersihkan dan menata buku di Taman Baca Masyarakat serta membantu penanaman tanaman dengan model hidroponik. Para santri Pria (Tholib) dan Perempuan (Tholibah) Membuat pot dari plastik untuk menanami tanaman diperkarangan camp, sehingga membuat santri-santri kreatif dalam kegiatan ini.

Selain hal tersebut, ketika dalam perjalanan setiap kelompok harus membuat yel-yel, membawa 2 plastik polio saat melakukan tracking untuk memilah dan memilih sampah organik dan non organik.

Ketua pembina pramuka dari Leadership Camp SMP IT NFBS Bogor, Ustadzah Rina Putri Anggini mengungkapkan kegiatan 3 hari yang berlangsung singkat ini harapannya agar para santri bisa mengaplikasikan kegiatan ini dalam kesehariannya dirumah, asrama, masyarakat dengan tujuan bisa mandiri dimanapun santri berada. Selain itu, beliau menyatakan dari kegiatan ini para santri bisa memahami arti dari kepemimpinan, dilihat dari sisi sikap untuk cinta tanah air, peka terhadap masalah, bertanggung jawab, lebih inisiatif melakukan hal baik serta dilihat sisi segi seni para santri dapat memimpin, taat terhadap pemimpin dan bisa bekerja sama dengan tim .

Keseruan kegiatan Leadership Camp ini dilanjutkan dengan pembuatan tenda dengan masing-masing tim, yang akan mendapatkan reward bagi tenda terbaik. Setelah membuat tenda, santri melaksanakan kegiatan makan siang bersama dan sholat. Setelah sesi ISHOMA selesai, dilanjutkan dengan Upacara Pramuka.

Kegiatan makin berlangsung malam pun tiba, acaranya berisi Perlombaan Puisi Berantai, Perlombaan Iklan , Menceritakan Drama di Kehidupan didalam asrama , “Muhasabah Malam”merupakan acara agar para santri didik untuk kuat mentalnya, dan acara puncak melakukan pembuatan Api Unggun. Setelah para santri istirahat, ternyata ada kegiata menjaga malam selama 1 jam bergantian dengan kelompok lain. Ini menantang karena ditantang menjaga keseluruhan camp dimulai dari jam 11 malam hingga jam 3 malam . Selain itu pada saat menjaga malam para santri untuk tetap waspada karena tidak boleh bengong , maka diwajibkan untuk Dzikiri, Tilawah Al-Qur’an.

Pukul 04:00 pagi para santri mulai bangun untuk shalat malam, kegiatan camping ini tidak lepas dari kegiatan kepesantrenan meliputi mengaji, menghapal al-qur’an, sholat malam dan bela diri taekwondo ,kemudian bersiap-siap untuk melanjutkan kegiatan berikutnya. Pagi hari melakukan kegiatan perlombaan  baris-berbaris dan Outbond. Keseruan para santri dari outbond membuat para santri ada yang ketakutan tidak mau menyentuh lumpur, dalam kegiatan pramuka ini bisa menjadi dasar dalam pembentukan kemandirian, keuletan, kesederhanaan, dan pengabdian. Pramuka juga membentuk pribadi yang tangguh dalam menghadapi berbagai situasi yang sulit.

Camping SMP IT NFBS Bogor mengundang salah satu prajurit TNI yaitu bapak Firdaus untuk membagi cerita ke para santri SMP IT Nurul Fikri Boarding School Bogor mengenai bagaimana menjadi pemimpin yang baik, kegigihan dalam berusaha, semangat bela negara, serta disiplin.

Acara diakhiri dengan ajang pemberian reward untuk perlombaan kegiatan pramuka ini berlangsung, Grup yang terbaik dilihat dari penilaian yel-yel, ketertiban grup, penyelesaian tenda per-kelompok, outbond. Penghargaan Piala ini diwakili oleh Kepala Sekolah SMPIT NFBS Bogor Ustad Lukman dan Ustadzah Rina sebagai Ketua Panitia , sekaligus Guru Olahraga dan Wali Asrama Putri SMP NFBS Bogor  reward telah diberikan kepada Grup Tholib yaitu Grup Ketua Osis , Desmo bernama”Asyhadulloh” bersama teman-temannya dan dari Grup Tholibah sama bandingnya dengan Tholib yaitu Grup Fatimah dimana grup ini juga ada Ketua Osis Tholibah SMP IT Nurul Fikri Boarding School Bogor.

Setelah acara camping berakhir para santri sekaligus panitia, merasa sedih , bahagia. Desmo sebagai ketua OSIS Tholib SMP IT NFBS Bogor mengatakan dalam acara ini membuat saya belajar banyak dari solidaritas terhadap teman sekelompok, seru saat outbond, saat menjaga malam selama 1 jam ini sangat menantang, tidak takut kotor, di camp ini juga belajar untuk tidak banyak bercanda dan lebih di tegaskan dari biasanya, keseruan camp ini terasa campur aduk diakhir acara ada kesel, sedih, kecewa karena camping telah berakhir.

 

Keseruan Camping SMP IT NFBS Bogor click Youtube di bawah ini yaaa….

Leave a Reply