Training Kepenulisan untuk Ksatria Srikandi Nurul Fikri Boarding School Bogor

By November 8, 2017Uncategorized

Oleh : Rahmah Husna

SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor telah melakukan training kepenulisan pada hari Minggu [5/11/17]. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill atau kemampuan menulis para santri, khususnya bagi mereka yang terpilih dalam Srikandi-Ksatria, sebuah cikal bakal pengurus OSIS di SMA IT yang belum genap berumur 1 tahun. Kegiatan ini menjadi sebuah titik awal dalam upaya menyongsong visi sekolah untuk menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan yang unggul dan berpengatahuan luas.

Pelatihan menulis ini menjadi kegiatan pionir di sekolah dalam rangka membentuk karakter kepemimpinan santri. Direktur Rumah Kepemimpinan, Bachtiar Firdaus pernah berkata, “seorang pemimpin itu bukan hanya cakap dalam kepandaiannya memimpin orang lain, tapi juga piawai untuk mempengaruhi orang lain”. Salah satu tools untuk mempengaruhi orang lain adalah dengan tulisan. SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor menyadari betapa pentingnya hal ini dan telah memulai nya lebih dulu di jenjang sekolah menengah, di saat kebanyakan orang lain mendapatkan bekal ini ketika mahasiswa, maka disini santri sudah lebih dulu mendapatkannya.

Bu Marlina, S.Hum berkesempatan menyampaikan materi ini kepada Srikandi SMA Tholibah yang berjumlah 15 orang di ruang kelas XB. Beliau adalah salah seorang staff Yayasan Bina Generasi Nurul Fikri lulusan sastra Arab Universitas Indonesia yang pernah berkecimpung dalam dunia kepenulisan beberapa waktu silam, saat ini beliau diberi amanah sebagai wali asrama di lingkungan pesantren. Animo santri dalam mengikuti aktivitas ini pun cukup tinggi, dibuktikan dengan beberapa tulisan yang berhasil dibuat. Ksatria SMA Tholib pun akan mendapatkan pelatihan yang sama pekan depan. Output dari kegiatan ini salah satunya adalah santri mengetahui pentingnya sebuah tulisan dalam mengubah pandangan dan persepsi orang lain.

Training Kepenulisan


Contoh Tulisan Santri -1


Contoh Tulisan Santri -2


Contoh Tulisan Santri -3


Kegiatan positif ini rencananya akan terus dilaksanakan secara rutin guna mengasah kemampuan menulis para santri. “saat ini memang masih terbatas bagi kalangan Ksatria-Srikandi saja, tapi setelah semua santri telah mengikuti Leadership School 2, maka semua santri pun akan mendapatkan pelatihan yang sama” ujar Kepala Sekolah SMA Dedy Setyo Afianto, M.Pd. (RH)

Leave a Reply