QUR’ANIC CHARACTER BUILDING

  • Home
  • News
  • QUR’ANIC CHARACTER BUILDING

QUR’ANIC CHARACTER BUILDING

  • Humas NFBS Bogor
  • 08 December 2022
QUR’ANIC CHARACTER BUILDING

QUR’ANIC CHARACTER BUILDING 2022

Qur’anic Camp Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Bogor, dilaksanakan mulai tanggal 25 sampai 27 November 2022. Bertempat di Masjid Nurul Ihsan, gedung C, Landmark dan Lapangan Indoor. Kegiatan kali ini mengangkat tema “Membumikan Al-Qur’an, Melangitkan Manusia”.

Qur’anic Camp 2022 merupakan sebuah kegiatan berkemah dengan nuansa Qur’an. Salah satu tujuan dengan terlaksananya kegiatan ini adalah bagaimana seluruh santri NFBS Bogor bisa menambahkan rasa kecintaan kepada al-Qur’an dengan program setoran ziyadah hafalan didalamnya. Hal ini untuk terus menambah bobot hafalan setiap santri yang bisa diamalkan ketika beribadah peribadi, keluarga dan masyarakat. Karena Allah pun sudah menjamin kemudahan bagi hambanya yang akan terus belajar, menghafal dan memaknai Al-qur’an yaitu dalam surat Al-Qamar yang disebutkan sebanyak 4 kali.

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْاٰنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُّدَّكِرٍ

Artinya:

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Adapun rangkaian kegiatan Qur’anic Camp 2022 yaitu Ziyadah hafalan intensif, Shalat tahajjud berjamaah, Focus group discussion, Olahraga bersama, Murajaah jama'I, Khatmil Qur'an, Asma'u Suwar, Qur'anic talks with Ustadz Abu Takeru, Games, Rewarding.

“Acara ini berjalan cukup lancar dengan beberapa agenda-agenda utama yaitu ziyadah hafalan intensif yang berfokus pada dua hal yaitu tasmi sebanyak 70 baris dalam 3 hari dan terdapat juga 25 santri berhasil berhasil mencapai dalam 3 hari mencapai 160 baris alhamdulillah Ini semua adalah bentuk nikmat dan anugerah dari Allah subhanahu wa ta'ala atas pencapaian-pencapaian santri kita. “ Ungkap ketua panitia Qur’anic Character Buliding Ust. Sabiq.

Kemudian pada kegiatan ini panitia menghadirkan pemateri dari Bandung yaitu ustadz kekinian Ustadz Abu Takeru. Beliau menyampaikan materi tentang bagaimana kita dapat menghafal Al-Qur’an bukan hanya sebatas hafal ayat tapi juga dengan penghayatan makna yang terkandung dalam ayat Qur’an tersebut.

“Jadi buat kalian yang merasa kesulitan memahami ayat yang dihafal, coba ayat yang ada terjemahannya kalau emang kita belum paham bahasa Arab kemudian terus diulang-ulang. Insyalloh dengan istiqomah walaupun hafalannya nambah sedikit tapi menghayati makna yang terkandung insyalloh akan lebih berkah.” Pesan Ust. Abu Takeru pada pemaparan materi.

Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini para santri dapat lebih termotivasi dalam menghafal Al-Qur’an serta serta menghayati makna yang terkandung dalam ayat-ayat yang dihafal, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 #Tagline : "Hingga Akhir Hayat, Bukan Akhir Ayat"