Kontingen Pramuka Nurul Fikri Boarding School Bogor Siap Berangkat ke Jambore Dunia di Korea

  • Home
  • News
  • Kontingen Pramuka Nurul Fikri Boarding School Bogor Siap Berangkat ke Jambore Dunia di Korea

Kontingen Pramuka Nurul Fikri Boarding School Bogor Siap Berangkat ke Jambore Dunia di Korea

  • Humas NFBS Bogor
  • 28 July 2023
Kontingen Pramuka Nurul Fikri Boarding School Bogor Siap Berangkat ke Jambore Dunia di Korea

NFBS Bogor, (28/07/2023) - Sebanyak 15 Pramuka Penggalang dari Nurul Fikri Boarding School Bogor akan berangkat ke Korea Selatan untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-25 yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-12 Agustus 2023 di Sae Man-Geum, Jeolla Utara. Mereka merupakan bagian dari kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang berjumlah 1.585 peserta.


Upacara pelepasan kontingen Pramuka Nurul Fikri Boarding School Bogor dilaksanakan di halaman sekolah pada hari Selasa, 26 Juli 2023. Upacara dihadiri oleh Pimpinan Yayasan, Kepala Sekolah, para guru,  dan siswa-siswi NFBS Bogor. Dalam sambutannya, Pembina pramuka NFBS Bogor yaitu Syakhril Nur Arifin, S. Hum  menyampaikan rasa bangga dan harapan kepada para peserta jambore.


“Kami sangat bangga dengan prestasi kalian yang terpilih menjadi peserta jambore dunia. Ini adalah kesempatan yang langka dan berharga untuk menunjukkan semangat kepramukaan dan keindonesiaan kalian di kancah internasional. Kami berharap kalian dapat mengikuti kegiatan jambore dengan baik, menjalin persahabatan dengan Pramuka dari berbagai negara, dan membawa pulang pengalaman dan ilmu yang bermanfaat bagi diri kalian, sekolah, dan bangsa,” ujarnya .

 

Harapan serupa disampaikan oleh pendamping jambore dunia dari NFBS Bogor yaitu Asriani Rodia, S.Pd.,Gr. “semoga anak-anak bisa mengaplikasikan segala bentuk kepanduan yang sudah mereka dapatkan di Pramuka selama di sekolah dan juga mereka bisa menunjukkan jiwa patriotisme juga toleransi karena di sana, Kami akan bersama-sama dalam satu pasukan itu berbeda sekolah dan juga dalam satu subcamp itu sekitar Ada 1000 orang dari berbagai negara. Harapannya anak-anak bisa menunjukkan diri mereka sebagai warga Indonesia dan juga sebagai warga dunia yang bisa berbaur dan bersama-sama menikmati Jambore  dunia ke-25”ujarnya


Salah satu peserta jambore dari Nurul Fikri Boarding School Bogor Khalisah, mengungkapkan rasa senang dan antusiasnya untuk mengikuti jambore dunia. Ia mengatakan bahwa ia telah mempersiapkan diri dengan baik, baik secara fisik maupun mental.

“Saya sangat senang dan antusias untuk mengikuti jambore dunia. Saya sudah mempersiapkan diri dengan baik, Saya juga sudah berlatih kemampuan pramuka saya, seperti pionering, sandi-sandi, memasak, membiasakan berjalan jauh, hingga survival,. Saya siap untuk menghadapi tantangan dan petualangan di jambore dunia, harapannya buat temen-temen semua yang berkesempatan ikut acara ini semoga dapat mengikuti kegiatan ini secara maksimal dan juga dapat membawa nama baik indonesia dan  NFBS Bogor dimata dunia” kata Khalisah.


Jambore Pramuka Dunia ke-25 adalah pertemuan anggota Pramuka Penggalang se-Dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali oleh Organisasi Kepanduan Sedunia (World Organization of the Scout Movement/WOSM). Jambore ini akan diikuti oleh sekitar 43.000 Pramuka dari sekitar 160 negara dan teritori di seluruh duniaTema jambore kali ini adalah “Draw Your Dream”, yang mengajak para peserta untuk mewujudkan mimpi mereka melalui kegiatan-kegiatan pramuka yang menarik dan bermakna.

Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia akan ikut serta dalam berbagai kegiatan jambore, seperti upacara pembukaan dan penutupan, perkemahan sub-kamp, aktivitas modul-modul, kunjungan budaya, pameran global development village, festival seni budaya, hingga Indonesia DayKontingen Gerakan Pramuka Indonesia juga akan membawa serta ciri khas Indonesia, seperti seragam pramuka batik, bendera merah putih, lagu-lagu nasional, tarian-tarian tradisional, hingga makanan khas Indonesia.

Kami mengucapkan selamat kepada kontingen Pramuka Nurul Fikri Boarding School Bogor dan kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang akan berangkat ke Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Korea. Semoga sukses dan membawa nama baik Indonesia di mata dunia!