COMMUNITY SERVICE: 500an Santri Nurul Fikri Boarding School Bogor Antusias Menebar Kebaikan di Lingkungan Sekitarnya

  • Home
  • News
  • COMMUNITY SERVICE: 500an Santri Nurul Fikri Boarding School Bogor Antusias Menebar Kebaikan di Lingkungan Sekitarnya

COMMUNITY SERVICE: 500an Santri Nurul Fikri Boarding School Bogor Antusias Menebar Kebaikan di Lingkungan Sekitarnya

  • Humas NFBS Bogor
  • 24 January 2023
COMMUNITY SERVICE: 500an Santri Nurul Fikri Boarding School Bogor Antusias Menebar Kebaikan di Lingkungan Sekitarnya

FOTO COMMUNITY SERVICE 2023

Bogor (21/01/2022) - Nurul Fikri Boarding School Bogor terus berikhtiar untuk menebarkan cahaya pemikiran dan kebaikan. Community service merupakan kegiatan yang dirancang dalam kelompok Bina Pribadi Islam (BPI) untuk mengabdi ke masyarakat dengan tujuan agar menumbuhkan rasa syukur, kepedulian, kemandirian, kerjasama, wawasan sosial (knowledge). Community service ini ditujukan kepada sekolah yang ada dilingkungan sekitar Nurul Fikri Boarding School Bogor. Adapun bentuk pelayanan yang diberikan berupa edukasi, life skill, games, kompetisi, sport dan training untuk siswa PAUD, SD dan SMP. 

 

Jum’at 20 Januari 2023 sebanyak 500 lebih santri Nurul Fikri Boarding School Bogor turut serta dalam agenda tersebut, dari jenjang kelas 7 SMP hingga kelas 12 SMA semuanya ikut berpartisipasi dalam agenda tersebut. Adapun pembagian kelompoknya terdiri dari siswa SMP sebanyak  14 kelompok ke 8 PAUD dan 1 SDIT, sedangkan siswa SMA sebanyak 8 kelompok ke 4 PAUD dan 1 SMPIT.



Ditemui usai memberikan sambutan dalam acara pelepasan rombongan peserta kegiatan Community Service. Direktur Pendidikan Nurul Fikri Boarding School Bogor, Ustadz Dedy Setyo Afrianto, S.T., M.Pd., menyampaikan program community service merupakan salah satu program di Nurul Fikri Boarding School Bogor dalam rangka untuk pengamalan hadis nabi yang berbunyi Khairunnas Anfauhum Linnas bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling memiliki  manfaat untuk manusia yang lainnya.


Sehingga dengan adanya program ini para santri Nurul Fikri Boarding School Bogor dapat mengamalkan bagaimana agar dirinya nanti bermanfaat untuk masyarakat dan lebih jauh lagi ini adalah program untuk menumbuhkan kompetensi leadership mereka karena di dalam kegiatan ini mereka ikut berpartisipasi dalam merancang melaksanakan melakukan penyuluhan sampai dengan melakukan evaluasi kepada masyarakat sekitar melalui sekolah-sekolah TPA dan lain sebagainya. Imbuhnya.



 

Ustadz Dedy juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh santri yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, “kami berharap semoga para santri Nurul Fikri Boarding School Bogor tepat memanfaatkan dengan optimal mungkin program ini untuk pengembangan potensi kepemimpinannya” pungkasnya.


Kegiatan ini selaras dengan visi Nurul Fikri Boarding School Bogor yaitu menjadi sekolah berasrama rujukan dalam membina generasi masa depan. Agenda ini merupakan sarana melatih kepemimpinan dan empati siswa terhadap lingkungan sosial serta memiliki kecakapan dalam berinteraksi di masyarakat yang lebih luas. Selain itu kegiatan ini merupakan implementasi dari budaya sekolah yaitu SMART (Sholeh, Muslih, cerdas, Mandiri dan Terampil) dan REFRESH (Respect Friendly Responsibility dan Honesty). Mengutip sebuah hadist “yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang membawa manfaat terbesar bagi banyak orang (HR. Bukhari)”. Kepekaan sosial ini sangat baik ditumbuhkan sejak dini kepada para santri agar kelak ketika menjadi pemimpin yang sesungguhnya ia dapat memberikan solusi dari permasalahan sosial yang ada. Rahmi